Jangan Sembarangan Membersihkan Telinga

   •    Rabu, 31 May 2017 13:48 WIB
kesehatan telinga
Jangan Sembarangan Membersihkan Telinga
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sering membersihkan telinga menggunakan cutton bud atau pengorek telinga? Ternyata kebiasaan tersebut tidak dibenarkan.

Dokter Spesialis THT Yadita Wira Pasra mengatakan membersihkan telinga baik dengan cutton bud maupun benda lainnya berisiko menimbulkan gangguan pendengaran.

"Penggunaan cutton bud risikonya kotoran justru terdorong ke dalam yang membuat kotoran itu bertumpuk di sepertiga atau dua pertiga bagian telinga," katanya, dalam Metro Plus, Selasa 30 Mei 2017.

Kotoran yang masuk akibat penggunaan cutton bud akan sulit dibersihkan. Ini bisa memicu gangguan pendengaran seperti rasa mampat, telinga berdenging, dan pada anak-anak dapat menggangu perkembangan bicara dan belajar.

Membersihkan telinga dengan benda tajam pun sama buruknya. Kulit telinga sangat tipis sehingga ketika lecet sedikit dapat menyebabkan pembengkakan dan tentunya dapat mengganggu aktivitas.

"Belum lagi kalau tertusuk ke gendang telinga bisa menyebabkan gendang telinga bolong. Makanya kami tidak menyarankan untuk membersihkan telinga sendiri di rumah," kata Yadita.

Tak hanya itu, membersihkan telinga dengan media terapi lilin juga tidak diperbolehkan. Lilin akan menyebabkan gangguan lebih parah ketimbang menggunakan cutton bud atau pengorek telinga. 

Menurut Yadita, beberapa kasus ditemukan bahwa lilin yang melelh bisa melekat di gendang telinga atau menempel di sekitar telinga dan untuk membersihkannya kadang memerlukan tindakan operasi. 

"Paling baik memang memeriksakan dan membersihkan telinga ke dokter. Setidaknya 6 bulan hingga satu tahun sekali memeriksakan telinga," jelasnya.




(MEL)