Tak Selalu Buruk, Ketahui 6 Manfaat Bir untuk Perawatan Rambut

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 28 Dec 2017 17:52 WIB
tips & trik
Tak Selalu Buruk, Ketahui 6 Manfaat Bir untuk Perawatan Rambut
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bir tak selalu buruk untuk kesehatan, Untuk perawatan rambut, misalnya, minuman satu ini bisa memberi banyak manfaat. Dalam bir mengandung mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya yang bagus untuk kesehatan rambut. Singkatnya, bir dapat menghilangkan ketombe dan membuat rambut lebih bervolume.

Kandungan bunga hops dan malts dalam proses akhir pembuatan bir juga membantu memperbaiki rambut yang rusak akibat pengeringan, pelurusan, dan pewarnaan.

Namun, bagaimana cara mengaplikasikan bir pada rambut? Buat saja masker dengan bahan utama bir seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

1. Untuk rambut kering

Siapkan bahan yang terdiri dari madu, pisang, kuning telur, dan bir . Madu mengandung humektan untuk mempertahankan kelembaban dan memperkuat folikel rambut. Begitu juga dengan pisang kaya akan antioksidan dan vitamin C untuk membuat rambut Anda berkilau.

Sementara itu, telur kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan rambut.

Masukan satu pisang, satu kuning telur, satu sendok makan madu, dan setengah cangkir bir hitam ke dalam blender. Oleskan campuran ini ke rambut Anda. Bungkus handuk di sekitar kepala dan biarkan masker menyerap selama 1-2 jam. Cuci rambut Anda dengan sampo. Ulangi proses ini sekali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang lebih kuat dan sehat.
 
2. Untuk menumbuhkan rambut

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain bir, bawang, dan minyak kelapa. Bawang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah ketombe. Minyak kelapa mengandung berbagai vitamin dan asam lemak yang memberi nutrisi pada kulit kepala dan membantu rambut tumbuh lebih cepat.

Giling satu bawang utuh dalam blender. Taruh dalam wadah, kemudian campurkan dengan satu sendok teh minyak kelapa dan setengah gelas bir. Oleskan pada rambut hingga ke kulit kepala dan biarkan hingga mengering. Bilas rambut dengan air hangat, kemudian keramas. Untuk hasil optimal, Anda bisa mengulanginya setiap satu minggu sekali.

3. Menebalkan rambut

Gunakan bir, agar-agar, dan minyak zaitun. Anda bisa memiliki rambut tebal yang kuat jika folikel rambut dan papilla Anda sehat. Folikel dan papilla terbuat dari kolagen yang bisa didapatkan dari agar-agar. Minyak zaitun mengandung nutrisi penting dan vitamin yang bagus untuk pertumbuhan rambut.

Larutkan satu sendok agar-agar dalam secangkir bir hangat. Oleskan campuran pada rambut yang basah, kemudian bungkus kepala dengan handuk. Biarkan masker selama satu jam. Cuci rambut dengan air hangat dan sampo ringan.

4. Untuk rambut kusam dan rapuh

Gunakan Stroberi dan bir.  Stroberi mengandung asam ellagic yang mencegah penipisan dan kerontokan rambut. Stroberi juga mengandung sifat antioksidan untuk menjaga rambut lembab dan rusak.

Haluskan 3 stroberi matang dan tambahkan satu cangkir bir. Gunakan sebagai masker selama 20 menit. Bilas dengan sampo.

5. Untuk pertumbuhan rambut dan mengobati ketombe

Gunakan bawang putih dan bir.  Bawang putih mengandung tembaga, seng, besi, magnesium, dan selenium yang berperan penting membuat rambut berkilau. Bawang putih menghasilkan fitokimia yang disebut allicin, yang membantu melawan bakteri penyebab ketombe.

Campur 1 sendok makan jus bawang putih, 1 kuning telur, 1 sendok makan minyak jarak, dan satu cangkir bir. Campur semua bahan dengan benar, oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut, dan pijat dengan benar. Biarkan campuran selama 20 menit. Cuci dengan air biasa dan sampo. 

6. Untuk rambut bervolume dan berkilau

Cuka Apel dan bir. Cuka sari apel membersihkan kulit kepala dan folikel rambut yang membantu merangsang sirkulasi darah pada kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Bir dan cuka apel juga membuat rambut Anda berkilau.

Campurkan cuka apel dan bir, gunakan sebagai masker selama sepuluh menit, kemudian bilas dengan air hangat.




(DEV)