Bagian Tubuh yang Sebaiknya Tidak Disentuh Secara Langsung

Raka Lestari    •    Sabtu, 30 Dec 2017 13:28 WIB
kesehatan
Bagian Tubuh yang Sebaiknya Tidak Disentuh Secara Langsung
Bagian Tubuh yang Sebaiknya Tidak Disentuh Secara Langsung (Foto: shutterstock)

Jakarta: Tangan kita mengandung banyak kuman yang bisa menyebar ke bagian tubuh lain yang sensitif. Dalam beberapa kasus, tangan kita juga dapat memiliki lebih banyak kuman yang kemudian ditularkan ke orang lain. Kebiasaan ini dapat merusak kesehatan dan juga kesehatan orang-orang di sekitar Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak memegang secara langsung bagian-bagian tubuh di bawah ini seperti dikutip dari Reader's Digest:

1. Wajah
Menurut Matthew Lee, ahli mikrobiologi, "Tangan Anda mengandung minyak yang bisa menyumbat pori-pori Anda dan memperburuk jerawat Anda. Kuman di jari Anda dapat memperburuk efek ini." Jadi untuk membantu menjaga kebersihan wajah dan bebas jerawat, jangan sentuh wajah Anda.

2. Mata
Mata Anda sangat sensitif, tidak hanya bisa memasukkan kuman, tapi Anda juga berisiko memasukkan  mikro-partikel secara tidak sengaja yang dapat menyebabkan iritasi dan bahkan goresan pada kornea Anda. Jika Anda harus menyentuh mata Anda, cuci tangan dengan saksama sebelum melakukannya. Tahan keinginan untuk menggosok mata karena hal ini juga bisa menyebabkan keriput dan lingkaran hitam lebih lama.

3. Telinga
Bagian dalam telinga kita sangat halus dan sangat rentan terhadap kerusakan, oleh karena itu Anda harus menahan keinginan untuk menggali lebih dalam untuk mengeluarkan kotoran telinga. Menurut Lee, "Anda seharusnya tidak pernah menempelkan jari Anda jauh ke dalam telinga Anda. Kulit yang melapisi saluran telinga sangat tipis dan mudah terkena bakteri."  Lee menyarankan untuk menemui ahli THT untuk mengecek masalah apapun di telinga Anda.

4. Hidung
Bagian dalam hidung Anda mengandung bakteri sehat. Dengan meletakkan jari Anda di sana, Anda mengenalkan bakteri berbeda yang kemungkinan tidak diinginkan dan dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, tangan Anda kemudian akan membawa bakteri hidung dan menyebarkannya yang sangat bermasalah selama musim dingin atau flu.

5. Pusar
Pusar memiliki populasi bakteri yang tinggi, ujar Dr. Richardson direktur mikrobiologi dan laboratorium kimia analitik di Microban. "Ini karena sebagian besar pusar sulit dibersihkan, jadi tetap kotor bahkan setelah mandi." Bentuk pusar Anda memudahkan untuk mengumpulkan kotoran dan menyebabkan bau yang kuat. Dr. Richardson memperingatkan agar tidak menyentuh pusar Anda dengan jari-jari Anda karena bisa menyebabkan infeksi serius.


 


(ELG)