Cegah Infeksi Saluran Kemih, Lakukan Kebiasaan Ini Usai Bercinta

Torie Natalova    •    Selasa, 27 Mar 2018 16:09 WIB
seks dan kesehatan
Cegah Infeksi Saluran Kemih, Lakukan Kebiasaan Ini Usai Bercinta
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ada banyak risiko penyakit usai melakukan hubungan intim. Itu sebabnya, menjaga kesehatan organ genital sangatlah penting.

Para ahli merekomendasikan untuk segera buang air kecil setelah berhubungan intim untuk melindungi organ genital dari infeksi saluran kemih (ISK).

Pakar kesehatan Sarah Brewer menjelaskan, selama berhubungan seksual, bakteri bisa menyebar ke uretra, tabung yang menghubungkan kandung kemih ke bagian luar tubuh. Bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan sejenis infeksi saluran kemih yakni sistitis atau peradangan kandung kemih.

Sistitis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria karena bagian yang mengarah dari kandung kemih ke bagian luar jauh lebih pendek pada wanita dibanding
pada pria.

Selain itu, uretra wanita lebih dekat dengan anus yang memiliki banyak bakteri. Itu sebabnya, buang air kecil setelah berhubungan seks dapat mengeluarkan bakteri berbahaya dari kandung kemih.

Beberapa wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih setelah berhubungan seks. Gejalanya dapat berupa dorongan atau keinginan untuk buang air kecil, warna urine yang gelap atau berdarah, dan sensasi terbakar ketika buang air kecil. Pengobatan biasanya dengan mengonsumsi antibiotik dan akan hilang dalam beberapa hari.

Beberapa wanita bisa menderita infeksi saluran kemih secara berulang. Ini biasanya disebabkan oleh batu ginjal, menopause, atau disposisi genetik.

Lihat video:



 


(DEV)