Lakukan Ini Setelah Mengonsumsi Makanan Manis

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 09 Jan 2018 15:04 WIB
kesehatan
Lakukan Ini Setelah Mengonsumsi Makanan Manis
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Aneka olahan makanan manis memang sungguh lezat. Kudapan dengan bahan gula maupun pemanis lainnya dibuat menarik sehingga menggugah selera pecinta kuliner.

Namun, Anda harus sadar jika terlalu banyak menyantap kudapan manis bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Direktur Makanan dan Gizi Makanan Ringan Brierley Horton menjelaskan bahwa ketika Anda makan manis, tubuh akan mencerna gula menjadi glukosa, yang nantinya dilepaskan pada aliran darah.

"Mengonsumsi terlalu banyak gula membuat kadar gula darah melonjak. Ini akan membuat Anda merasa lapar dan membutuhkan lebih banyak makanan bergula. Berhenti makan dan mengendalikan diri, adalah kuncinya," tutur Horton.

Oleh karenanya, penting sekali menjaga tekanan darah tetap normal. Atau, bila Anda telah mengonsumsi banyak makanan manis, lakukan hal ini:

1. Konsumsi protein dan serat

Anda bisa menstabilkan darah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein juga serat yang mudah larut. Bila tidak, gula darah akan terhambat, sehingga berpotensi lebih merasa lapar dan ingin makan lagi. Pilihlah camilan yang baik, seperti kacang-kacangan, buah, sayuran, telur rebus, dan lainnya.

2. Latihan yoga

80 persen orang mengaku lebih banyak menyantap makanan manis saat stres. Hasil studi University of California baru-baru ini menunjukkan bahwa ketika seorang wanita stres minum minuman manis, tubuhnya akan merespons dan semakin memicu kemarahannya. Untuk mengatasi itu, disarankan latihan yoga atau meditasi.

3. Siapkan makanan sehat

Mengonsumsi makanan manis akan memicu rasa ingin makan lagi dan lagi, ini tidak baik bagi Anda. Siapkan makanan sehat di tempat penyimpanan makanan untuk disantap kemudian, agar mencegah godaan makan manis.

4. Probiotik

Studi Oregon State University baru-baru ini menunjukkan bahwa bakteri buruk dalam usus mengonsumsi gula dan dapat mempengaruhi fungsi kognitif.

Bila Anda menyantap makanan berlebih, imbangi dengan meminum atau makan makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt atau keju cottage yang akan menambahkan bakteri baik ke dalam usus.


(TRK)