Menyimpan Rahasia Berdampak Buruk pada Kesehatan dan Karier

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Oct 2017 15:47 WIB
kesehatan
Menyimpan Rahasia Berdampak Buruk pada Kesehatan dan Karier
(Foto: The Recruiter Magazine)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memang tak semua hal bisa diceritakan kepada orang lain. Namun, sebuah penelitian menemukan, menyimpan rahasia tak baik untuk kesehatan maupun karier seseorang.

Para peneliti dari Columbia University melakukan dua survei dengan mengidentifikasi 38 rahasia, dan menemukan bahwa menyimpan rahasia dapat memberi efek buruk pada kesehjahteraan. Selain itu, menjaga rahasia sendiri dapat memengaruhi kemampuan dalam bekerja.

Tim melakukan survei rahasia yang melibatan 2 ribu relawan dengan tambahan pertanyaan pada 600 orang.

Mereka menemukan bahwa 96 persen dari partisipan memiliki rahasia, yang umumnya menyangkut perselingkuhan emosional, perilaku seksual, dan pemikiran romantis selain kepada pasangan mereka.

Mereka diminta merenungkan seberapa sering menyembunyikan rahasia tersebut dalam sebulan terakhir, dan seberapa sering memikirkannya.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka merasa tak perlu memikirkan atau mencemaskan rahasia mereka. Namun, hal itu justru membuat mereka tidak tenang dan meragukan diri mereka sendiri.

"Orang-orang mengantisipasi hal tersebut dan sesekali merasa perlu menyembunyikan rahasia tersebut. Mereka melakukannya dan berlaku seperti biasa," terang asisten peneliti Michael Slepian.

Menurut peneliti lain, Malia Mason, menyembunyikan rahasia juga dapat berdampak pada kadar konsentrasi yang juga berkaitan dengan karier.

"Rahasia membuat perhatian kita berfokus pada hal itu," simpulnya.

"Seiring dengan berkurangnya kesejahteraan dan konsekuensi kesehatan fisik, menjaga rahasia juga dapat mengalihkan fokus seseorang dari pekerjaan yang sedang dilakukan, yang jelas dapat memiliki efek merugikan pada kinerja."




(DEV)