Fakta-fakta Mengenai Rasa Cemas Berlebihan pada Remaja Amerika

Raka Lestari    •    Kamis, 12 Oct 2017 16:59 WIB
psikologi
Fakta-fakta Mengenai Rasa Cemas Berlebihan pada Remaja Amerika
Baru-baru ini ada peningkatan yang cukup signifikan dari siswa remaja yang memiliki perasaan sangat cemas. (Foto: Courtesy of Sasha Rudensky for The New York Times)

Metrotvnews.com,Jakarta: Orangtua, psikolog dan pihak sekolah sedang berjuang untuk mengetahui apakah membantu remaja yang cemas bisa melindungi untuk menghadapi rasa ketakutan mereka.

Selama beberapa dekade terakhir, rasa kecemasan telah mengalahkan depresi sebagai alasan paling umum para mahasiswa mencari layanan konseling.

Dalam survei tahunan para siswa, American College Health Association menemukan adanya peningkatan para siswa yang mengalami rasa cemas berlebih secara signifikan menjadi 62 persen pada tahun 2016 dari 50 persen di tahun 2011. 

Sebelumnya juga terdapat survei yang melihat gejala terkait dengan rasa kecemasan. Pada tahun 1985, Higher Education Research di U.C.L.A. meminta mahasiswa baru untuk melaporkan jika mereka merasa terbebani oleh tugas-tugas yang mereka miliki. 



(Baca juga: Mengusir Rasa Cemas Berlebih)

Dan hasilnya, sebanyak 18 persen mahasiwa baru mengatakan mereka memiliki rasa terbebani tersebut. Pada tahun 2010, jumlah tersebut meningkat menjadi 29 persen. Kemudian pada tahun lalu, melonjak menjadi 41 persen.

Jumlah tersebut ditambah juga dengan laporan yang diterima rumah sakit untuk kasus bunuh diri pada remaja selama 10 tahun terakhir. 

Meskipun sulit untuk mengetahui berapa banyak jumlah penderita rasa kecemasan yang memiliki tingkat kesadaran dan diagnosis untuk mengatasi gangguan ini. 

"Kami selalu memiliki anak-anak yang tidak ingin masuk melalui pintu atau yang khawatir dengan banyak hal," kata Laurie Farkas, direktur layanan siswa untuk sekolah umum Northampton di Massachusetts.

"Tapi baru-baru ini ada juga peningkatan yang cukup signifikan dari siswa yang memiliki perasaan sangat cemas."

Menurut National Institute of Mental Health, kecemasan adalah gangguan mental-kesehatan yang paling umum di Amerika Serikat, yang mempengaruhi hampir sepertiga remaja dan orang dewasa.

Tidak seperti depresi yang sering terjadi, kecemasan sering dianggap sebagai masalah yang tidak terlalu serius.

Tapi terkadang rasa cemas merupakan sesuatu yang tidaklah buruk. Bagi banyak remaja, terutama mereka yang tinggal dalam keluarga yang kasar atau tinggal di lingkungan yang akrab dengan kemiskinan atau kekerasan, kecemasan adalah reaksi rasional terhadap keadaan yang tidak stabil dan berbahaya.











(TIN)