Mudah Lapar, Pertanda Tubuh Kurang Serat

Nia Deviyana    •    Rabu, 01 Nov 2017 17:40 WIB
tips kesehatan
Mudah Lapar, Pertanda Tubuh Kurang Serat
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda membutuhkan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang Anda konsumsi untuk memastikan pencernaan tetap sehat. Kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, dan bayam merupakan pilihan serat terbaik yang bisa Anda tambah ke dalam menu sehari-hari.

Lantas, apa yang terjadi jika tubuh kekurangan serat. Berikut paparan dari pakar nutrisi Padma Syal seperti dilansir dari The Health Site.

1. Mudah lapar

Makanan yang mengandung banyak serat membantu Anda kenyang lebih lama ketimbang Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Serat larut membentuk senyawa seperti gel di saluran pencernaan, yang menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi lebih lambat.

2. Lemas

Konsumsi karbohidrat dan minim serat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat setelah Anda makan, kemudian turun secara drastis yang membuat Anda mengantuk dan lemas.

3. Susah BAB

Kurangnya serat membuat feses menjadi keras dan kering sehingga sulit dikeluarkan.

4. Masalah pada jantung

Serat bekerjasama bersama nutrisi penting lainnya seperti zat besi, zinc, dan vitamin B untuk menurunkan kolesterol jahat. Kurangnya serat memicu penumpukkan plak yang berakibat pada gangguan jantung.




(DEV)