Studi: Olahraga Bersama Turunkan Stres

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 02 Nov 2017 13:31 WIB
studi kesehatan
Studi: Olahraga Bersama Turunkan Stres
Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga bersama teman atau berkelompok membuat Anda berolahraga dengan lebih baik. (Foto: iStock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda ingin sehat namun tak bersemangat ketika berolahraga di tempat gym karena tak ada yang dikenal? Itu adalah hal yang wajar. Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga bersama teman atau berkelompok membuat Anda berolahraga dengan lebih baik. 

Tak hanya menjadi lebih santai karena adanya musik dan instruktur, olahraga kelompok juga meningkatkan kesejahteraan mental. 

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of the American Osteopathic Association tersebut menemukan bahwa olahraga bersama dapat meningkatkan kesehatan mental (26 persen), fisik (25 persen), dan emosional (13 persen). 

Para peneliti juga melihat adanya penurunan tingkat stres hingga 26 persen dimana hal tersebut sangat signifikan bagi mereka yang mengalami gangguan mental. 



(Baca juga: Berapa Banyak Olahraga yang Perlu Dilakukan dalam Seminggu?)

Studi selama 12 minggu tersebut melibatkan sampel kecil, yaitu 69 mahasisiwa di University of New England College of Osteopathic Medicine.

Para partisipan diberikan pilihan untuk melakukan olahraga sendiri atau berkelompok, artinya mereka bebas membuat pilihan berdasarkan preferensi pribadi untuk mendapatkan manfaat bagi diri mereka.

Akhirnya, mengingat mereka berangkat ke kampus bersama-sama dan sudah mengenal satu sama lain, mereka yang memilih olahraga bersama merasa lebih santai dan membantu menghilangkan stres. 

Para peneliti menyimpulkan, kelas olahraga berkelompok dapat meningkatkan kesejahteraan emosional dan menurunkan tingkat stres pada mahasiswa. 










(TIN)