6 Langkah Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita HIV

Nia Deviyana    •    Rabu, 29 Nov 2017 18:57 WIB
hiv
6 Langkah Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita HIV
Penderita HIV harus mengatur pola makannya dengan baik untuk mengelola kekebalan tubuhnya. (Foto: The Health Site)

Jakarta: Gizi yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit, bahkan kematian pada penderita HIV. Itu sebabnya, penderita HIV harus mengatur pola makannya dengan baik untuk mengelola kekebalan tubuhnya.

Dilansir dari The Health Site, Dr Manisha Dutta dari Herbalife membagikan tips untuk mengelola infeksi HIV dengan lebih baik.

1. Diet rendah lemak

Obat ARV tertentu dapat mengubah penyerapan obat dan menyebabkan masalah gastrointestinal seperti muntah, mual, dan diare. Obat tersebut juga mengharuskan penderitanya melakoni diet rendah lemak.

Jadi, penderita harus benar-benar menghindari asupan lemak trans atau minyak terhidrogenasi, margarin, lemak jenuh yang ada pada keju, telur, minyak kelapa, krim, serta daging. Begitu juga dengan cairan kalengan, minuman manis, dan makanan penutup berkalori tinggi seperti kue dan es krim.

2. Jaga berat badan

Infeksi tidak hanya memengaruhi nafsu makan, tetapi juga penyerapan nutrisi. Pola makan yang tidak terkontrol bisa menurunkan imunitas penderita HIV. Makanan seperti gandum, beras merah, quinoa, dan sereal sebaiknya dikonsumsi secara teratur untuk menjaga berat badan.

3. Konsumsi makanan yang kaya serat

Serat tak menekan sistem kekebalan tubuh. Buah, sayuran, dan biji-bijian mengandung antioksidan dan fitonutrien yang tinggi. Perbanyak asupan beras merah, kentang, dan ubi jalar untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Konsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 menjadi keharusan untuk penderita HIV. Asam lemak omega-3 bisa ditemukan pada tuna, salmon, dan ikan mackarel. Sebaliknya, untuk non vegetarian, makanan berbasis kedelai adalah pilihan terbaik.

5. Minum banyak cairan

Hindari minuman dengan kadar gula tinggi. Jus buah segar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan syarat jangan ditambahi gula. Hindari juga konsumsi kafein karena bisa meningkatkan kecemasan.

6. Paparan sinar matahari

Vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berjalan-jalan selama 10 menit setiap pagi membantu penderita HIV meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Video Ini Menggambarkan Bahaya HIV/AIDS




(DEV)