Empat Pertanda Tubuh Kelebihan Garam

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 12 Jan 2018 16:11 WIB
kesehatan
Empat Pertanda Tubuh Kelebihan Garam
Jika Anda merasa kehausan terus, itu artinya air dalam tubuh tak cukup mendukung tingkat sodium dalam tubuh. Foto: Kaylah Otto/Unsplash.com)

Jakarta: Tanpa disadari, makanan proses seperti kentang goreng atau burger membuat asupan garam dalam tubuh menjadi berlebih, akibatnya tubuh pun mengeluarkan peringatan. Berikut adalah beberapa pertanda dimana tubuh mengalami kelebihan garam menurut ahli gizi Urvashi Sawhney.

1. Mendadak sakit kepala
Jika tiba-tiba mengalami sakit kepala, periksalah apa yang terakhir Anda makan. Konsumsi terlalu banyak garam terkadang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah di otak sehingga memicu sakit kepala. 

2. Kemampuan mengecap berkurang
Indera pengecap menjadi tak sensitif jika terlalu banyak asupan garam dalam tubuh, sehiangga makanan terasa kurang enak. Selanjutnya, Anda secara otomatis akan menambah garam ke dalam masakan, dengan demikian asupan garam pun semakin bertambah. 


(Jika Anda merasa kehausan terus, itu artinya air dalam tubuh tak cukup mendukung tingkat sodium dalam tubuh. Foto: Tanja Hefner/Unsplash.com)

(Baca juga: Fakta Menakutkan tentang Garam Laut)

3. Perut kembung
Makanan yang asin membuat perut terasa kembung. Garam yang terlalu banyak masuk dalam darah membuat sel-sel membengkak. Tak hanya merasa kembung, makanan asin juga bisa membuat jari kaki dan tangan membengkak. 

4. Sering haus
Sodium berperang penting dalam keseimbangan cairan. Inilah mengapa setiap hari kita membutuhkan asupan garam. Jadi, jika Anda merasa kehausan terus, itu artinya air dalam tubuh tak cukup mendukung tingkat sodium dalam tubuh. 











(TIN)