Jaga Kesehatan Rahang dengan Asupan Makanan Ini

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 12 Oct 2016 09:52 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Jaga Kesehatan Rahang dengan Asupan Makanan Ini
(Foto: Eatright)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang lebih fokus memikirkan kesehatan gigi atau gusi ketimbang perkembangan dari rahang, yang merupakan tempat menempelnya kedua organ tersebut.

Padahal, perkembangan rahang juga menjadi hal yang krusial untuk mendapatkan ruang yang pas bagi gigi tetap.

"Gigi susu berjumlah 20, sementara gigi tetap 32. Oleh karena itu, rahang harus dipersiapkan agar tumbuh tumbuh maksimal dan di tempat yang tepat," jelas drg. Ratu Mirah GCClinDent, MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk. dalam acara peluncuran Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo, Selasa (11/10/2016).

Pada dasarnya, ukuran gigi tetap akan lebih besar dari gigi susu. Dengan demikian, dibutuhkan ukuran rahang yang lebih besar karena kelak akan menampung gigi tetap yang berjumlah dan berukuran lebih besar.

Perkembangan rahang dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti pertumbuhan secara umum dan proses pengunyahan yang  dibantu dengan asupan gizi.

(Baca: 3 Bekal Perlindungan untuk Tumbuh Kembang Si Kecil)

"Proses pengunyahan sangat penting. Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan rahang, yaitu serat, vitamin, kalsium, dan flouride," tambahnya.

Makanan berserat, yang banyak terdapat dalam sayur dan buah, berperan menstimulasi kelenjar ludah sehingga memberikan efek self-cleansing yang mampu membersihkan sisa makanan dengan lebih cepat. Sementara, kalsium dan flouride mampu memperkuat tulang rahang.

"Flouride tak hanya terdapat pada pasta gigi. Anda juga bisa menemukannya di di beberapa jenis makanan seperti teh atau ikan yang tak bertulang, misalnya ikan teri," ujarnya memberi contoh.



Lihat Video: Perawatan Estetika Gigi




(DEV)