Pola Makan Sehat Tingkatkan Kemampuan Baca Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 15 Sep 2016 16:45 WIB
studi kesehatan
Pola Makan Sehat Tingkatkan Kemampuan Baca Anak
(Foto: pgcps)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi dari Finlandia mengungkapkan, menganut pola makan sehat membantu menunjang kemampuan baca anak pada tiga tahun pertama masa sekolah.

Studi yang melibatkan 161 anak berusia 6-8 tahun tersebut menganalisa pola makan partisipan dalam keseharian, dan kemampuan akademik melalui ujian-ujian standar.

Studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition tersebut menunjukkan, anak yang banyak mengkonsumsi makanan seperti buah, sayuran, beri, gandum, ikan, lemak tak larut, dan sedikit gula mendapatkan nilai yang lebih baik saat di tes kemampuan membaca.

Studi tersebut juga menemukan, anak dengan pola makan lebih sehat mengalami peningkatan kemampuan baca seiring dengan peningkatan kelas.

"Studi ini tidak berhubungan dengan beberapa faktor seperti status ekonomi-sosial, aktivitas fisik, atau olahraga," ucap Eero Haapala, peneliti dari University of Eastern Finland.
Pola makan seperti Diet Laut Baltik sangat direkomendasikan, yakni dengan asupan sayuran, beri, gandum, ikan, lemak tak larut. Diet ini juga menekankan untuk mengurangi asupan gula, daging merah, dan lemak jenuh.

Pola makan sehat memiliki peran penting dalam hal pengembangan kemampuan belajar dan akademis anak.

"Orang tua dan sekolah memiliki peran penting dalam hal memgajarkam pola makan yang tersedia bagi anak. Lebih lanjut, pemerintah dan perusahaan juga memiliki peran yang sama dalam hal mempromosikan ketersediaan dan produksi makanan sehat," tambah Haapala.

Lihat Video:
Happy Sibling, Permainan yang Mendidik untuk Anak




(DEV)