Kualitas Air Pengaruhi Kesehatan Kulit

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 15 Jun 2016 18:00 WIB
kesehatan
Kualitas Air Pengaruhi Kesehatan Kulit
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mencuci wajah adalah salah satu cara menjaga kebersihan yang dilakukan oleh semua orang. Selain memperhatikan jenis pembersih wajah, rupanya Anda juga harus memerhatikan air yang digunakan untuk membasuh.

"Warna kulit kita menunjukkan bagaimana kebersihan air. Bila wajah terus bruntusan padahal pemakaian sabun sudah sesuai anjuran dokter, bisa jadi karena airnya yang bermasalah atau tidak steril," ujar dr. Rizal Al Idrus dalam acara Taiwan Excellence Care for You and Your Loved Ones, di Jakarta Rabu (15/6/2016).

Ia menjelaskan, biasanya air yang tak bersih mengandung besi atau mikroorganisme yang bisa membuat kulit menjadi panas saat dibilas. Bila logam tersebut berjumlah banyak, maka akan terjadi pengelupasan kulit sebagai bentuk pertahanan agar logam tidak masuk semakin dalam ke lapisan kulit.

Di bulan puasa ini,  kekurangan air dari dalam tubuh bisa terlihat dari warna wajah yang kusam karena kurangnya kelembaban wajah. Hal tersebut dikarenakan tubuh mengeluarkan air untuk tetap melembabkan kulit.

Sementara, bila tubuh kekurangan air, maka air yang melembabkan kulit akan ditarik oleh darah sehingga kulit menjadi kering. Oleh karena itu, salah satu cara menjaga kelembaban kulit adalah dengan banyak minum air putih agar air dalam tubuh tercukupi.




 


(DEV)