6 Cara Mudah Atasi Sariawan

Torie Natalova    •    Jumat, 30 Sep 2016 13:40 WIB
kesehatan gigi dan mulut
6 Cara Mudah Atasi Sariawan
Biasanya sariawan paling sering terjadi di area bibir dan pipi bagian dalam, gusi, dan lidah. (Foto: Wisegeek)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sariawan yang sering muncul tiba-tiba di dalam mulut membuat Anda tak berselera makan dan juga bicara. Sariawan merupakan luka terbuka yang terbentuk di jaringan lunak dalam mulut.

Biasanya sariawan paling sering terjadi di area bibir dan pipi bagian dalam, gusi, dan lidah. Bentuk sariawan biasanya bulat dan berwarna putih dengan lingkaran kemerahan di sekitar area sariawan.

Sariawan seringkali dipicu karena gigtan kecil yang melukai dinding dalam pipi, atau iritasi di mulut, kekurangan gizi dan alergi makanan. U.S National Library of Medicine menambahkan, penyebab sariawan karena adanya perubahan hormonal, riwayat keluarga, kekebalan tubuh melemah dan memiliki dua kromosom X, yang biasanya lebih sering dialami wanita dibanding pria.

Anda bisa mengobati sendiri sariawan di rumah jika tak sempat membeli obat sariawan di apotek. Berikut cara mengatasi sariawan di rumah.

1. Berkumur air garam
Ini salah satu metode yang sering dianjurkan dokter gigi. Garam membersihkan dan mengeringkan luka dan membantu menyembuhkannya. Air garam juga bisa menghentikan rasa sakit sementara. Namun, berkumur air garam bisa terasa sangat menyakitkan di awalnya sebelum akhirnya mati rasa. Campur satu sendok teh garam dalam satu gelas kecil air.

(Baca juga: 8 Langkah Mengatasi Sariawan)

2. Kumur dengan baking soda
Baking soda adalah alkali sehingga membantu menetralkan asam di mulut yang teriritasi. Saat proses tersebut, ramuan baking soda sekaligus melakukan pekerjaan lainnya yakni membersihkan dan meredakan rasa sakit di saat yang sama. Campur satu sendok teh baking soda dengan air hangat, kemudian kumur beberapa kali selama beberapa menit.

3. Hindari makanan asam dan manis
Saat sariawan sebaiknya hindari makanan asam dan manis. Karena, asam bisa mengiritasi sariawan lebih lama yang menyebabkan sensasi terbakar dan memperlambat proses penyembuhan. Perlu diingat bahwa bakteri dalam mulut Anda juga mengubah gula menjadi asam. Inilah penyebab utama kerusakan pada gigi dan bisa memperparah rasa sakit sariawan.

4. Ganti pasta gigi Anda
Pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) bisa memicu sariawan. SLS adalah bahan yang membuat busa pada produk pasta gigi dan obat kumur. Sebaiknya, gunakan pasta gigi yang bebas SLS untuk menghindari sariawan.

5. Bilas dengan susu magnesium
Susu magnesium tak hanya bisa menyembuhkan maag dan sembelit tetapi juga sariawan. Seperti baking soda, susu magnesium adalah alkali yang menetralkan asam perut, dalam hal ini luka saiwawan. Susu magnesium juga membentuk lapisan atas luka yang membantu melindungi dari iritasi sementara. Selain dibilas, bisa juga dioleskan langsung ke sariawan.





(TIN)