Bahan-Bahan Tak Menyehatkan Ini Ada dalam Krimer Kopi Kemasan

Torie Natalova    •    Sabtu, 01 Oct 2016 14:01 WIB
kesehatan
Bahan-Bahan Tak Menyehatkan Ini Ada dalam Krimer Kopi Kemasan
Bahan-Bahan Buruk Ini Ada dalam Krimer Kopi Kemasan (foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu minuman favorit banyak orang adalah kopi. Banyak yang menyukai kopi hitam, tapi tak sedikit pula yang suka menambahkan krimer ke dalam kopi.

Namun, krimer untuk kopi terutama yang dalam bentuk kemasan mengandung beberapa bahan yang tidak baik bagi tubuh. Misalnya, pengental pada krimer kemasan tidak berasal dari krim asli.

Rasa kental yang didapat saat meminum kopi dengan krimer kemasan berasal dari bahan pengental seperti carrageenan, pengental yang diduga bisa menyebabkan peradangan dan masalah pencernaan.

Selain bahan pengental yang diduga bisa menyebabkan masalah kesehatan, ada beberapa bahan krimer yang tidak baik bagi tubuh seperti dilansir Prevention berikut.

1. Pemanis buatan
Krimer kemasan biasanya mengandung pemanis buatan seperti sucralose. Bahan ini dapat menyebabkan kenaikan gula darah dalam tubuh yang bisa berisiko terkena diabetes tipe 2.

2. Bahan pengawet
Krimer kopi dalam kemasan menggunakan bahan pengawet seperti jenis sodium stearoyl lactylate dan dipotassium fosfat. Kedua bahan ini memang tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan. Tapi, akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan krim bebas pengawet.

3. Minyak terhidrogenasi parsial
Pengental saja tidak bisa membuat krim kopi bebas dari rasa krim yang pekat. Lemak yang diproses untuk mengentalkan kopi meningkatkan kadar kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit jantung.

4. Perasa buatan
Rasa pada kopi seperi rasa mocha, karamel, hazelnut, dan lainnya pada krim kopi memiliki aroma yang memikat sehingga menggugah selera Anda untuk terus meminumnya. Sayangnya, perasa buatan memang terasa lebih pekat dan beraroma tajam dibanding bahan-bahan yang belum diproses atau diolah. Ini berarti ada bahan-bahan tak sehat lain yang digunakan dan telah melalui banyak proses untuk membuat aromanya lebih memikat.

Anda bisa membuat pengental seperti krimer kemasan sendiri di rumah hanya dengan menggunakan susu. Caranya, panaskan susu atau krim lainnya (seperti santan) hingga mendidih. Campurkan gula dan tambahan sedikit vanili. Setelah matang, simpan campuran tersebut dalam wadah kedap udara di lemari es. Saat akan menggunakannya, keluarkan resep ini dari kulkas dan tambahkan ke dalam kopi panas. Krim ini bisa bertahan di kulkas selama 2 minggu.

 


(ELG)