Dampak Kurang Tidur bagi Hormon Tubuh Anda

Raka Lestari    •    Selasa, 22 Jan 2019 13:30 WIB
kesehatan
Dampak Kurang Tidur bagi Hormon Tubuh Anda
Ketika Anda tidak cukup tidur, merasa lelah bukanlah satu-satunya hal yang Anda rasakan. (Foto: Hutomo Abrianto/Unsplash.com)

Jakarta: Ketika Anda tidak cukup tidur, merasa lelah bukanlah satu-satunya hal yang Anda rasakan. Kurang tidur dapat memengaruhi cara fungsi seluruh tubuh Anda, dan bahkan kurang tidur dapat memengaruhi hormon Anda.

"Kurang tidur menyebabkan ketidakseimbangan dalam banyak hormon, dan pada gilirannya, ketidakseimbangan hormon ini menyebabkan kurang tidur," kata praktisi kedokteran fungsional Veronica Anderson, MD, IFMCP.

Ini berarti tidur sangat penting untuk lebih dari sekedar tingkat energi Anda, dan itu dapat membuat perbedaan dalam menyeimbangkan hormon Anda. Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa hormon yang berdampak dari kurang tidur.

1. Hormon insulin
Kurang tidur meningkatkan stres adrenal dan resistensi seluler terhadap insulin. Studi telah menunjukkan bahwa orang dengan kurang tidur menunjukkan kelainan pada insulin, yang mengarah pada pemrosesan glukosa yang tidak normal. "Proses ini, ketika berkelanjutan, dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes tipe 2," kata Dr Anderson.

(Baca juga: Kebiasaan Ini Dapat Mengganggu Hormon Wanita)


(Kurang tidur dapat memengaruhi cara fungsi seluruh tubuh Anda, dan bahkan kurang tidur dapat memengaruhi hormon Anda. Foto: Zohre Nemati/Unsplash.com)

2. Hormon tiroid
Jumlah wakti tidur yang Anda dapatkan juga dapat memengaruhi fungsi tiroid Anda. "Kurang tidur akut juga meningkatkan TSH (hormon perangsang tiroid)," kata Dr Anderson.

"Kadar TSH yang tinggi berarti metabolisme tubuh yang lebih lambat dan tiroid yang kurang aktif." Ini dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, perasaan dingin, dan rambut rontok.

3. Hormon leptin
Kurang tidur menurunkan kadar leptin, yang dapat memengaruhi nafsu makan Anda. "Peran leptin adalah menekan nafsu makan dan memberi sinyal pada tubuh ketika tiba saatnya untuk berhenti makan," kata Dr Anderson. "Kurang tidur akan mengurangi hormon leptin, membuat orang yang kurang tidur merasa lebih lapar."

4. Hormon ghrelin
Hormon lain yang berpengaruh pada nafsu makan yang dipengaruhi oleh kurang tidur adalah ghrelin. "Ghrelin merangsang nafsu makan dan memberi tahu kami kapan saatnya makan," kata Dr Anderson. Sementara kadar leptin diturunkan dari kurang tidur, kadar ghrelin meningkat, membuat Anda merasa lebih lapar.

5. Hormon kortisol
Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda dalam keadaan stres, dan kelenjar adrenal menghasilkan peningkatan kadar kortisol. "Jika kadar kortisol dalam tubuh sangat tinggi dan tidak turun, itu bisa menyebabkan Anda kesulitan tidur atau tertidur di malam hari," kata Dr. Anderson. "Ini juga menyebabkan kondisi di mana ketika Anda merasa lelah tetapi tidak bisa tidur."

6. Hormon seks
Hormon seks Anda juga dapat dipengaruhi oleh kurang tidur. Ketika tubuh stres dan kortisol naik, ada lebih sedikit hormon seks yang dibuat, termasuk testosteron, estrogen, dan progesteron.

"Kurang tidur menurunkan kadar testosteron yang terkait dengan libido rendah, energi rendah, dan konsentrasi buruk," kata dokter keluarga dan pakar kesehatan hormon Don Colbert, M.D.




(TIN)