Perbanyak Vitamin D, Cara Mencegah Kanker Paru-paru

Torie Natalova    •    Selasa, 13 Nov 2018 16:07 WIB
kanker paru-paru
Perbanyak Vitamin D, Cara Mencegah Kanker Paru-paru
Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan hari ini untuk mengurangi risiko terserang kanker paru-paru. (Foto: Edgar Castrejon/Unsplash.com)

Jakarta: Kanker paru-paru dapat berkembang pada seseorang yang tidak pernah merokok. Penyakit ini berkaitan erat dengan faktor risiko gaya hidup termasuk paparan radon dan asbes. Namun, ada banyak cara untuk mencegah risiko kanker paru-paru datang.

Mengubah cara hidup termasuk apa yang Anda makan, olahraga, dan apa yang Anda hadapi di lingkungan sehari-hari dapat membuat perubahan besar pada tingkat risiko Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan hari ini untuk mengurangi risiko terserang kanker paru-paru.

1. Kurangi alkohol
Mengurangi minum alkohol adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker. Menurut ahli, tidak ada takaran yang baik untuk mengonsumsi alkohol.

2. Jaga berat badan yang sehat
Semakin tinggi indeks massa tubuh Anda, semakin besar risiko terkena kanker paru-paru. Jika Anda kelebihan berat badan, pastikan cukup olahraga atau makan makanan bergizi serta kaya antiperadangan.

3. Minimalkan paparan racun harian
"Menghirup zat berbahaya seperti karsinogen dan racun lainnya dalam jangka waktu panjang dapat sebabkan kanker paru-paru," sebut  Mercey Livingston seperti dilansir dalam Prevention. Paparan asbes seperti yang terdapat dalam isolasi rumah dan atap atau bantalan kopling, juga dapat membahayakan paru-paru.

(Baca juga: Buah dan Sayur Baik untuk Cegah Kanker Paru-paru Kronik)


(Pastikan cukup olahraga atau makan makanan bergizi serta kaya antiperadangan. Foto: Anna Pelzer/Unsplash.com)

4. Terapkan diet antiperadangan
Memasukkan banyak rempah-rempah antiperadangan seperti kunyit dalam menu makanan dapat meningkatkan risiko kesehatan secara menyeluruh dan mengurangi risiko kanker. Hindari lemak jahat dan perbanyak buah juga sayuran.

5. Kelola kadar gula darah
Penderita diabetes memiliki 40 persen peningkatan risiko kanker karena insulin dapat mendorong pertumbuhan kanker. Kendalikan kadar gula darah dengan membatasi makan makanan manis, bertepung, juga keripik kentang.

6. Penuhi asupan serat
Sebaiknya, penuhi asupan serat hingga 40 gram serat sehari dengan perbanyak sayuran hijau setiap hari.

7. Kurangi stres dan cukup tidur
Memiliki kadar kortisol yaitu hormon stres yang tinggi terutama pada malam hari, berkaitan dengan peningkatan risiko kanker, jantung dan penyakit lainnya.

8. Perbanyak vitamin D
Vitamin D merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan Anda. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jika Anda miliki kadar vitamin D yang optimal, dapat melindungi tubuh dari kanker payudara dan kolorektal.

9. Minum lebih banyak teh hijau
Teh hijau memiliki kandungan EGCC, perlindungan anti kanker yang tinggi.




(TIN)