Alasan Pria Lebih Banyak Bohong Dibandingkan dengan Wanita

Torie Natalova    •    Selasa, 13 Nov 2018 10:00 WIB
psikologi
Alasan Pria Lebih Banyak Bohong Dibandingkan dengan Wanita
Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa pria lebih banyak berbohong daripada wanita. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Jakarta: Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa pria lebih banyak berbohong daripada wanita. Kebohongan ini terutama terjadi selama negosiasi bisnis. Namun, ini bukan karena pria lebih tidak jujur, tapi bisa jadi karena pria lebih kompetitif dalam hal tersebut.

Sebelumnya, sebuah survei menunjukkan bahwa pria berbohong sekitar tiga kali sehari, sedangkan wanita berbohong sekitar dua kali sehari. 

Pria cenderung berbohong biasanya untuk kepentingan dirinya sendiri seperti membelokkan kesalahan, rasa malu atau hanya untuk menghindari perasaannya yang terluka. Sebaliknya, wanita berbohong dengan cara yang dimaksudkan untuk membuat orang lain merasa lebih baik.

(Baca juga: Ketahui Ini Bahasa Tubuh Si Pembohong)


(Menurut peneliti, hasil tersebut menunjukkan bahwa pria berbohong lebih banyak terhadap pria yang menarik diajak bernegosiasi. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Para peneliti untuk penelitian ini pertama-tama melakukan survei terhadap 138 orang dewasa yang bekerja dalam pekerjaan yang butuh negosisasi.

Setelah mengendalikan variabel seperti usia dan suasana hati, data menunjukkan bahwa pria lebih bersedia untuk berbohong dalam situasi yang mengadu mereka dengan pria lain.

Menariknya, ketika diminta untuk menanggapi skenario negosiasi dengan seseorang yang tidak mereka kenal, pria cenderung bersedia bertindak tidak etis jika pasangan negosiasi yang dihadapi dianggap menarik.

Menurut peneliti, hasil tersebut menunjukkan bahwa pria berbohong lebih banyak terhadap pria yang menarik diajak bernegosiasi. Dasar teorinya adalah bahwa pria berkompetisi dengan pria lain untuk menjadi lebih tangguh, sehingga daya saingnya lebih menguntungkan.




(TIN)