Barang-barang yang Tak Anda Sadari Bisa Memiliki Banyak kuman

Raka Lestari    •    Senin, 14 Jan 2019 19:02 WIB
kesehatan
Barang-barang yang Tak Anda Sadari Bisa Memiliki Banyak kuman
Berikut ini adalah barang-barang yang rentan terkena kuman yang mungkin tidak Anda sadari. (Foto: Andrea Natali/Unsplash.com)

Jakarta: Dalam kehidupan sehari-hari Anda, Anda berinteraksi dengan begitu banyak bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan infeksi, pilek dan flu bersama dengan penyakit lainnya.

Ada sejumlah besar kuman dan bakteri tak kasat mata di setiap permukaan yang disentuh tangan Anda. Kuman ini dapat menjadi salah satu penyebab utama Anda terkena berbagai penyakit.

Menurut Dr Hariprasad, Ahli Ayurveda dari The Himalaya Drug Company berikut ini adalah barang-barang yang rentan terkena kuman yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Dompet
Dompet merupakan benda yang jarang dibersihkan sehingga kemungkinan akan ada banyak sekali kuman di permukaan dompet Anda. Dompet terkadang ditinggalkan di atas meja di kamar mandi, kursi angkutan umum, dan banyak permukaan lain yang penuh dengan kuman.

Dompet juga berisi item yang paling banyak terinfeksi bakteri, yaitu uang. Dompet juga dapat berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain, dan tidak ada cara untuk mencegah perpindahan kuman ke tangan Anda.

(Baca juga: Empat Cara Alami Meningkatkan Sistem Imun di Musim Hujan)


(Ada sejumlah besar kuman dan bakteri tak kasat mata di setiap permukaan yang disentuh tangan Anda. Foto: Joseph Chan/Unsplash.com)
 
2. Remote televisi

Remote televisi juga merupakan salah satu barang yang juga jarang dibersihkan. Terutama remote televisi yang ada di kamar-kamar hotel mengingat hotel memiliki tamu yang berasal dari berbagai tempat yang berbeda sehingga ada peningkatan risiko virus atau kontaminan pada remote televisi ini.

3. Handphone
Ponsel pasti merupakan salah satu barang yang tidak pernah jauh dari jangkauan Anda, yang berarti bahwa alat komunikasi penting ini adalah pembawa kuman dan infeksi. Ini kemudian ditransfer ke tangan dan wajah Anda. Setiap kali Anda menggunakan ponsel, Anda mungkin mentransfer bakteri langsung ke wajah Anda.

4. Spons dan handuk tangan
Dengan sekitar 10 juta bakteri per inci persegi, spons pencuci piring mungkin merupakan salah satu benda yang paling banyak mengandung kuman di rumah Anda. Handuk tangan juga penuh dengan kuman dan bakteri. Karena handuk menyerap air, menjadikannya tempat yang sempurna untuk bakteri, yang tumbuh paling baik dalam kondisi hangat dan lembap.

5. Eskalator
Memegang pegangan tangga ketika Anda menuruni tangga adalah tindakan pencegahan keamanan tetapi juga dapat menyebabkan penyakit karena kuman yang ada di permukaan.

Eskalator di mal, bandara, dan tempat-tempat umum lainnya juga penuh dengan kuman dari semua orang yang sebelumnya menggunakannya. Menurut penelitian oleh Kimberly-Clark, 43 persen eskalator yang disurvei memiliki tingkat kontaminasi yang cukup tinggi untuk menyebarkan penyakit.




(TIN)