Haruskah Pakaian Tidur Dicuci Setiap Hari?

Raka Lestari    •    Kamis, 18 Oct 2018 11:44 WIB
tips kesehatan
Haruskah Pakaian Tidur Dicuci Setiap Hari?
(Foto: The Guardian)

Jakarta: Tidak seperti pakaian yang digunakan sehari-hari, piyama, yang dikenakan saat tidur biasanya jarang dicuci setiap hari. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya seberapa sering sebaiknya mencuci baju tidur? 

Ketika tidur, Anda juga tetap mengeluarkan keringat dan juga melakukan regenerasi sel-sel kulit mati. Sehingga baju tidur merupakan tempat berkumpulnya bakteri, kotoran, maupun kuman-kuman lainnya.

"Seberapa sering baiknya Anda mencuci baju tidur berbeda-beda untuk setiap individu, tergantung pada jumlah dan faktor tertentu yang dapat membuat kotor baju tidur," ujar Dr Lisa Ackerley, hygeine expert seperti dilansir Metro.co.uk 

"Secara teknis, celana tidur Anda sama kotornya dengan pakaian dalam sehingga Anda perlu mencucinya setiap hari. Namun jika Anda selalu mandi sebelum tidur, baju tidur Anda tidak akan menjadi kotor begitu cepat sehingga mencucinya beberapa hari sekali masih diperbolehkan. Jika Anda sedang sakit seperti pilek atau demam pastikan untuk mencucinya setiap hari," tambahnya. 

Menurut Boux Avenue, salah satu brand pakaian dalam menyebutkan bahwa pakaian tidur yang tidak nyaman atau tidak bersih bisa menyebabkan gangguan tidur. Menciptakan suhu lingkungan yang tepat dan memilih pakaian tidur yang sesuai musim dapat sangat memengaruhi kenyamanan saat tidur. 





(DEV)