Melahirkan Ternyata Bisa Memicu Risiko Kanker Payudara

Torie Natalova    •    Rabu, 19 Dec 2018 12:40 WIB
kehamilan
Melahirkan Ternyata Bisa Memicu Risiko Kanker Payudara
Berdasarkan penelitian Annals of Internal Medicine, persalinan dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara hingga 80 persen. (Foto Ilustrasi: Ryan Franco/Unsplash.com)

Jakarta: Saat hamil, kekhawatiran baik dari ibu ataupun ayah semakin meningkat terlebih ketika kehamilan tersebut adalah yang pertama. Calon orang tua khawatir dengan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di masa depan, serta tentunya proses persalinan.

Kini, sebuah penelitian teranyar yang dilakukan Universitas Carolina Utara menunjukkan adanya kekhawatiran baru, di antara wanita hamil. Yakni risiko kanker payudara.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, persalinan dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara hingga 80 persen.

Peneliti menganalisis berdasarkan 15 penelitian dari hampir 900 wanita. Sementara fokus penelitian mereka adalah untuk lebih memahami risiko kanker payudara setelah melahirkan, peneliti juga mengevaluasi dampak faktor lain seperti menyusui dan genetika. 

Penemuan mengatakan bahwa mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara berisiko paling tinggi terkena kanker. 

Klik di sini: Perubahan Panggul yang Anda Alami Selama Kehamilan

Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan bahwa wanita yang berusia 55 tahun dan lebih muda, risiko kanker payudara memuncak sekitar lima tahun setelah melahirkan.

Data ini mungkin terlihat bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kehamilan dan persalinan meningkatkan perlindungan Anda terhadap kanker. Tetapi, manfaat perlindungan ini memerlukan waktu bertahun-tahun untuk berkembang.

Kebanyakan orang mengetahui bahwa wanita yang memiliki anak, cenderung memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah daripada wanita yang tidak memiliki anak. 

American Cancer Society merekomendasikan semua wanita yang berusia di atas 20 tahun melakukan pemeriksaan payudara tahunan seperti melakukan mammogram, atau mendeteksi sel kanker payudara sebelum sel tersebut berkembang terlalu parah.

Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda



(FIR)