Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengonsumsi Sayur dan Buah

Raka Lestari    •    Rabu, 19 Dec 2018 18:30 WIB
sayuran
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengonsumsi Sayur dan Buah
Tak bisa disangkal lagi kalau sayur dan buah-buahan memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. (Foto Ilustrasi: Alexandr Podvalny/Unsplash.com)

Jakarta: Tak bisa disangkal lagi kalau sayur dan buah-buahan memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun dalam pengonsumsiannya pun tetap harus diperhatikan, sebab memakan sayur dan buah secara berlebihan pun tidak baik. 

Menurut World Health Organization (WHO), setiap individu sebaiknya mengonsumsi sekitar satu sampai dua mangkuk buah dan sayuran per harinya. Sementara itu Prof. Dr. Ir Nuri Andarwulan, selaku Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Tachnology (SEAFAST) menambahkan kalau mengonsumsi buah dan sayur tidak semuanya bisa dimakan dalam kondisi mentah.

“Sebisa mungkin untuk sesegera mungkin mengonsumsi bayam dan kangkung yang sudah dimasak. Setelah dua jam harus dipanaskan kembali tetapi perlu diingat bahwa vitamin yang terkandung di dalamnya pun kemungkinan besar akan hilang," ujar Nuri dalam acara pemaparan mengenai keamanan makanan bersama Nestle Indonesia, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 19 Desember 2018. 

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah usahakan untuk memilih sayuran atau buah-buahan yang berasal dari pegunungan. Sebab itu akan menurunkan potensi tercemarnya logam berat yang berasal dari tanah tempat sayur dan buah ditanam. 

“Di area industri atau tempat pembuangan limbah industri biasanya kandungan logam berat pada tanahnya pun tinggi, tentu akan berpengaruh pula pada hasil tanamannya. Sedangkan sayur dan buah yang berasal dari pegunungan mungkin akan mengandung logam berat juga tetapi dalam tingkat yang rendah,” terang Nuri.

Pentingnya Nutrisi dalam Masa Pra Kehamilan



(FIR)