Kebiasaan yang Tanpa Disadari Mengganggu Kesehatan Mulut

Raka Lestari    •    Rabu, 31 Oct 2018 11:11 WIB
tips kesehatan
Kebiasaan yang Tanpa Disadari Mengganggu Kesehatan Mulut
(Foto: BTCom)

Jakarta: Menjaga kesehatan gigi dan mulut tak hanya cukup dengan menyikat gigi dua kali sehari. Dikutip dari Elite Daily, beberapa kebiasaan-kebiasaan ini bisa berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut Anda.

1. Menggosok gigi terlalu cepat

Menurut Natica Boland, dokter gigi dari Aspen Dental, menyikat gigi terlalu cepat bukanlah hal yang baik.  "Pasien harus ingat untuk menyikat selama dua menit, dua kali sehari. Tetapi rata-rata orang menyikat gigi mereka hanya dalam waktu 47 detik. Bahkan kurang dari setengah waktu yang harusnya dibutuhkan," katanya. 

2. Hanya membersihkan dengan cairan penyegar mulut

Mungkin kebanyakan orang akan mengandalkan cairan penyegar mulut atau mouthwash ketika tidak sempat menyikat gigi. Namun menurut Boland, itu bukan cara terbaik untuk merawatnya. kesehatan mulut Anda.

"Rata-rata orang tidak perlu obat kumur; itu tidak diperlukan secara klinis kecuali Anda berisiko tinggi untuk gigi berlubang, radang gusi, atau penyakit periodontal," katanya. 

"Jangan sampai tidak menyikat gigi. Hanya berkumur dengan obat kumur tidak menghilangkan bakteri untuk selamanya."

3. Hanya ke dokter gigi ketika sedang sakit gigi

Sama seperti bagaimana Anda harus menemui dokter secara rutin untuk kesehatan umum Anda,  penting juga untuk secara rutin menjaga kesehatan gigi, bahkan meskipun Anda tidak memiliki masalah dengan gigi Anda, kata Boland.

"Pastikan untuk selalu menemui dokter gigi untuk pencegahan perawatan reguler," tambahnya. 

4. Menggunakan sikat gigi yang keras

"Jangan beli sikat gigi dengan tekstur yang keras," kata Boland. Itu bisa menyebabkan resesi dan menghapus garis gusi dan bahkan memengaruhi akar gigi Anda. Ketika itu terjadi, itu bisa meningkatkan sensitivitas dan gigi berlubang, dan bahkan bisa merusak akar gigi. Pilihlah sikat super lembut untuk menghindari iritasi. Lebih baik lagi, carilah sikat gigi elektrik, selain mencegah Anda menyikat gigi terlalu kasar, sikat gigi elektrik juga terkadang memiliki fitur timer untuk membuat Anda menyikat gigi sampai dua menit.

 


(DEV)