Enam Kesalahan saat Menggunakan Celana Dalam

Torie Natalova    •    Senin, 17 Dec 2018 15:06 WIB
kesehatankesehatan kulit
Enam Kesalahan saat Menggunakan Celana Dalam
Pentingnya memakai celana dalam yang benar, membuat Anda terhindar dari beberapa penyakit. (Foto Ilustrasi: Alony Haust/Unsplash.com)

Jakarta: Pakaian dalam terutama celana, sangat penting untuk menjaga kesehatan bagian intim wanita. Menggunakan bahan atau jenis celana dalam yang salah dapat memicu masalah kesehatan.

Pemilihan bahan celana dalam salah satu hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengenakan atau membelinya. Bahan katun adalah pilihan terbaik dan paling menyehatkan dibandingkan sutra dan sintetis yang tidak memiliki sirkulasi udara yag baik.

Keadaan ini dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jamur atau infeksi bakteri. Hindari pemakaian celana dalam berbahan sutera atau sintetis untuk jangka waktu yang lama.

Selain menggunakan celana dalam berbahan katun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli atau menggunakan celana dalam.

1. Hindari Celana Thong
Celana tali atau thong memang sempurna untuk beberapa jenis pakaian seperti rok atau celana ketat. Tetapi, celana ini dapat menyebarkan bakteri yang mungkin berada di pakaian Anda, kemudian masuk ke dalam vagina atau uretra.

2. Salah Ukuran
Menggunakan celana dalam terlalu ketat bisa berakibat buruk untuk organ intim Anda. Celana dalam yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan dan iritasi pada organ intim. Selain itu, ruang udara lebih sedikit sehingga dapat memicu infeksi jamur.

3. Memakai Celana dalam Berwarna-warni
Pewarna kain dapat mengiritasi kulit halus di sekitar organ intim, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap infeksi vagina berulang.

4. Salah Pakai Celana dalam saat Berolahraga
Memakai pakaian dalam yang salah saat berolahraga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya, menggunakan celana dalam yang terlalu ketat dan terbuat dari bahan yang sulit menyerap keringat dapat memicu munculnya infeksi bakteri.

5. Tidak Ganti Celana dalam setelah Olahraga
Duduk terlalu lama dengan pakaian dalam yang basah setelah olahraga dapat memicu bau pada organ intim. Selain itu, ini mungkin dapat menyebabkan gatal, atau infeksi pada organ intim.

6. Jangan Keringkan dengan Mesin Cuci
Panas pada pengering mesin cuci dapat memecah kain yang berarti elastisitas pakaian dalam akan cepat kendur. Cuci dengan tangan dan keringkan dengan menjepit di jemuran untuk menghindari kerusakan.

Waspada Penyakit Sinusitis 



(FIR)