Sulit Tidur Saat Sudah di Kasur? Ini Penyebabnya

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 14 Mar 2017 12:22 WIB
tidur
Sulit Tidur Saat Sudah di Kasur? Ini Penyebabnya
Seorang ahli di Psychology Today merekomendasikan untuk rutin berolahraga, menghindari kafein, alkohol, dan tembakau di sore hari untuk membuat tubuh cepat tertidur. (Foto: Independent.co.uk)

Metrotvews.com, Jakarta: Salah satu gangguan tidur yang kerap dialami banyak orang adalah susah tidur saat badan sudah terbaring di kasur. Mengapa demikian?

Seorang ahli tidur Philip Gehrman dari University of Pennsylvania menjelaskan bahwa kemungkinan lingkungan di sekitar memberi sinyal pada otak dimana berada di kasur membuat seseorang menjadi lebih sadar ketimbang untuk tidur. 

"Jika seseorang tidurnya baik, maka mereka akan langsung tertidur ketika berbaring di kasur karena hal tesebut memicu respon otomatis untuk tidur. Namun jika tidak, meskipun seharian beraktivitas melelahkan, itu artinya  tubuh Anda berteman dengan kasur,"ujar Gehrman pada TIME. 

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)

Umumnya, hal yang bisa mengganggu tidur adalah dominasi smartphone atau gadget lainnya, serta banyak pikiran seperti pada pekerjaan atau rasa cemas.

Distraksi gadget sendiri disebabkan karena cahaya, terutama cahaya biru dari layar yang menekan produksi melatonin, kimia yang membantu tubuh untuk tidur. 

Seorang ahli di Psychology Today merekomendasikan untuk rutin berolahraga, menghindari kafein, alkohol, dan tembakau di sore hari untuk membuat tubuh cepat tertidur.  Selain itu, merilekskan tubuh juga dapat mempercepat seseorang terlelap. 








(TIN)