Ini Solusi Jika Anda Harus Terus Menggendong Bayi untuk Tidur

Yatin Suleha    •    Kamis, 17 Nov 2016 07:00 WIB
perkembangan anak
Ini Solusi Jika Anda Harus Terus Menggendong Bayi untuk Tidur
Elizabeth Lombardo, PhD, psikolog di Lake Forest, Illinois, Amerika memberikan saran ketika bayi menangis cek apakah ia lapar, haus, mengompol, BAB, atau sakit. (Foto: Wholeparent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bayi baru lahir membawa kebahagiaan yang luar biasa. Namun, dibalik itu semua ia yang baru dilahirkan beberapa hari dan bulan ini juga masih membutuhkan penyesuaian yang tidak mudah.

Drama ketika ia akan tidur terkadang membuat Anda sakit kepala. Kuncinya, jika ia digendong, baru ia akan tertidur lelap. Dua menit setelah Anda letakkan, maka ia akan bangun kembali dan menangis. 

Elizabeth Lombardo, PhD, psikolog di Lake Forest, Illinois, Amerika memberikan masukkan bahwa wajar saja bila ibu langsung ingin menggendong bayi guna menenangkan setiap kali bayi menangis.

Itu yang harus dilakukan ibu di enam bulan pertama usia bayi, agar ia tahu bahwa Anda selalu ada untuknya. Langkah yang lebih baik adalah menunggu selama beberapa menit sebelum menggendong sejak bayi pertama menangis.

"Beri ia waktu untuk menghadapi perasaan tidak nyamannya. Semakin bertambah usia bayi, ia akan memahami bahwa ketika ia menangis akan membuat ibu menghampiri, menenangkan, dan membiarkannya main sebelum ia tertidur," ujar Elizabeth.

(Baca juga: Momen Perkembangan Bayi yang Menggemaskan)

Elizabeth memberikan saran untuk hal ini, yaitu ketika bayi menangis cek apakah ia lapar, haus, mengompol, BAB, atau sakit. Jika ia menangis hanya karena meninggalkannya, Elizabeth memberikan masukkan tentang teknik latihan tidur yang dikembangkan oleh dokter anak Richard Ferber, MD. 

Saat Anda meninggalkan ruangan, pasang timer selama lima menit. Jika bayi masih menangis setelah lima menit, kembalilah mendekatinya dan tenangkan si kecil.

Lalu pasang kembali timer setiap lima menit untuk mengecek kondisinya sampai bayi benar-benar tertidur. Malam berikutnya pasang timer untuk interval 10 menit dan jangan lupa untuk mengecek kondisinya.

Di malam kedua atau ketiga bayi Anda semestinya sudah lebih mudah tertidur. Membiarkan bayi menangis bukan berarti Anda mengabaikannya.








(TIN)