Ini Olahraga yang Cocok untuk Si Introvert

Raka Lestari    •    Rabu, 02 May 2018 12:40 WIB
kesehatanpsikologi
Ini Olahraga yang Cocok untuk Si Introvert
Berikut ini adalah beberapa olahraga yang cocok bagi si introvert. (Foto: Jenny Hill/Unsplash.com)

Jakarta: Berolahraga adalah salah satu hal yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu manfaat dengan berolahraga adalah kita bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru. Namun bagi seorang introvert mungkin akan sedikit berbeda. 

"Para introvert sepertinya tertarik pada hal-hal yang bisa menjauhkan mereka dari keramaian yang tidak terlalu mereka sukai," ujar Kristen Dieffenbach, Ph. D., seorang ahli mental bersertifikat dari Applied Sport Psychology.

Namun itu bukan berarti bahwa Anda harus mengesampingkan beberapa jenis olahraga, tetapi inilah jenis olahraga yang mungkin cocok bagi seorang introvert.

1. Lari
Olahraga lari mungkin salah satu jenis olahraga yang cocok bagi para introvert. "Anda mungkin sering mendengar introvert berkata bahwa olahraga adalah waktunya untuk menjernihkan pikiran mereka dan di mana mereka bisa menjadi diri sendiri, dan berlari adalah pilihan yang tepat bagi mereka untuk mereka," ujar Jessica Matthews, pelatih bersertifikat dan penasihat kesehatan untuk American Council on Exercise (ACE). 

2. Berenang
Ketenangan ketika sedang berada di dalam air mungkin salah satu hal yang dibutuhkan oleh para introvert. "Jika seseorang ingin membatasi gangguan-gangguan yang ada dalam hidup mereka, berada dalam air mungkin bisa membantu," ujar Matthews. Anda akan terfokus pada gerakan dan sistem pernapasan Anda, dan Anda juga tidak perlu menanggapi orang-orang yang berisik di sekitar Anda. 


("Yoga benar-benar membutuhkan fokus yang mendalam," ujar Matthews. Dan olahraga yoga adalah jenis olahraga yang membuat Anda tidak perlu khawatir ada yang memberikan penilaian negatif terhadap Anda. Foto: Jennifer Regnier/Unsplash.com)

(Baca juga: Introvert Lebih Sering Mimpi Buruk Dibanding Ekstrovert?)

3. Bersepeda
Bersepeda juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi para introvert. "Bersepeda sambil mengobrol bukanlah cara yang paling kondusif. Anda bisa melakukannya sendirian dengan sambil mengikuti jalur sepeda yang ada," ujar Matthews. Selain itu, Anda juga bisa berada di sekitar orang-orang tanpa harus basa-basi berbicara dengan orang lain. 

4. Treadmill 
Treadmill bisa menjadi pilihan terbaik untuk para introvert yang ingin mendapatkan manfaat dari olahraga yang memerlukan bimbingan dari seseorang yang lebih ahli. "Ditambah, Anda juga bisa memberikan energi tanpa harus berkomunikasi dengan setiap orang yang ada," ujar Matthews. 

5. Yoga
Tentu saja, yoga adalah olahraga yang cocok bagi introvert. "Yoga benar-benar membutuhkan fokus yang mendalam," ujar Matthews. Dan olahraga yoga adalah jenis olahraga yang membuat Anda tidak perlu khawatir ada yang memberikan penilaian negatif terhadap Anda. 




(TIN)