Tips Merawat Bayi Prematur

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 09 Jun 2018 11:15 WIB
tips kesehatan
Tips Merawat Bayi Prematur
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) atau prematur membutuhkan perawatan yang khusus karena memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih besar. 

Berikut adalah beberapa perawatan yang perlu diperhatikan para orang tua untuk menjaga si kecil yang lahir prematur tumbuh dan berkembang dengan baik.

1. Menyusui sesuai jadwal 

Menyusui adalah cara terbaik untuk merawat bayi hingga berusia 6 bulan. Selain harus sesuai jadwal, pastikan Anda tak memberikan cairan atau makanan lain selain ASI. 

2. Perbanyak sentuhan

Perawatan Metode Kanguru (PMK) adalah salah satu cara untuk membantu menaikkan berat badan dan menjaga kehangatan tubuh si kecil. Selain itu, metode sentuhan kulit tersebut juga dapat membantu mengatur detak jantung dan pernapasan. Di satu sisi, sentuhan yang intens dapat mmebuat bayi tidur lebih nyenyak dan membuat proses menyusui lebih mudah. 

3. Mengikuti pedoman tidur yang aman dan benar

Cobalah tidur di kamar yang sama tetapi tidak di ranjang yang sama. Sebagai gantinya, letakkan tempat tidur anak di dekat ranjang Anda supaya lebih mudah mengawasi. Pastikan juga bayi tidak tidur tengkurap. 

4.Memantau pertumbuhan dan memeriksa kesehatan secara berkala

Jangan pernah lewatkan jadwal pemeriksaan si kecil supaya jika terjadi masalah, bisa ditemukan lebih awal. Selain itu, pastikan bayi diberikan vaksin yang diperlukan pada waktu yang tepat.

5. Mendapat dukungan dalam merawat

Sebaiknya dalam mengurus anak, ibu mendapat dukungan maksimal dari seluruh anggota keluarga, terutama selama beberapa minggu awal setelah melahirkan. Bahkan, bila memungkinkan, mintalah seseorang untuk menemani dalam merawat si kecil setidaknya pada 40 hari pertama. 




(DEV)