Cara Mengatasi Rasa Lapar Berlebihan pada Ibu Hamil

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 01 Aug 2018 17:31 WIB
kehamilan
Cara Mengatasi Rasa Lapar Berlebihan pada Ibu Hamil
(Foto: Net Doctor)

Jakarta: Seorang wanita yang sedang hamil biasanya akan mengalami cepat lapar dan peningkatan nafsu makan. Ini adalah cara alami tubuh memberikan sinyal bahwa Anda membutuhkan nutrisi lebih dari biasanya.

Anda pun butuh beberapa cara untuk mencegah peningkatan rasa lapar berlebih selama hamil, seperti di bawah ini.

1. Merencanakan asupan kalori

Rencanakan lah asupan kalori, misalnya dalam trimester pertama dan kedua Anda akan membutuhkan 300 kalori ekstra perhari. Sedangkan pada trimester terakhir, Anda akan membutuhkan sekitar 450 kalori.

2. Membagi waktu makan

Anda disarankan membagi waktu makan menjadi enam sampai tujuh kali dalam porsi yang kecil. Ini akan membantu Anda menghindari rasa lapar yang berlebihan. 

3. Perhatikan asupan camilan

Ketika tubuh merasa lapar, hindarilah untuk mengonsumsi camilan yang sehat dan tak mengandung kalori yang tidak diperlukan. Anda bisa memilih makanan sehat seperti yogurt atau buah-buahan untuk membantu mengatasi rasa lapar yang tiba-tiba. Hindarilah camilan berupa keripik, jus, atau makanan lainnya yang tak sehat bagi Anda dan janin.

4. Perhatikan asupan kalsium

Kekurangan kalsium menjadi salah satu penyebab rasa lapar yang berlebihan. Sehingga Anda disarankan untuk meningkatkan asupan susu dan produk olahannya. Bila Anda adalah seorang yang tidak toleran terhadap laktosa, dapat memilih susu kambing untuk memenuhi nutrisi harian. 

5. Jangan lewatkan sarapan

Tidak sarapan merupakan penyebab umum dari rasa lapar yang dialami sepanjang hari. Sehingga jika Anda ingin mengatasi rasa lapar yang parah, langkah pertama yang dilakukan adalah memulai hari dengan sarapan menu bergizi.

6. Cukup minum air

Minum banyak air akan membuat Anda merasa kenyang dan menghindari makan berlebihan. Seorang wanita hamil idealnya mengonsumsi setidaknya 10 gelas air putih ditambah cairan lainnya.





(DEV)