Cara Tepat Menyimpan Alpukat yang Belum Matang

Raka Lestari    •    Minggu, 10 Jun 2018 13:32 WIB
tips & trik
Cara Tepat Menyimpan Alpukat yang Belum Matang
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menyimpan Alpukat dengan baik dan benar, terutama alpukat yang masih belum begitu matang. Untuk itu, cara menyimpan alpukat sangatlah penting agar manfaat dari alpukat tidak hilang dan terbuang secara sia-sia.

Menurut  Will Hawkins, seorang ahli gizi terdaftar mengatakan bahwa paling baik  mengonsumsi alpukat yang tidak terlalu matang dan membelinya satu atau dua hari sebelum Anda berencana untuk memakannya, agar alpukat matang secara alami. Ketika Anda baru membeli alpukat dari toko, Hawkins menyarankan untuk tidak langsung mendinginkannya di lemari es.

"Setelah dipetik dari pohon, alpukat, seperti pisang, menghasilkan etilena, yang memicu proses pematangan. Suhu optimal untuk ini adalah 20 ° C. Buah alpukat segar harus matang dalam kondisi ini dalam tiga hingga enam hari. Ketika sudah matang, alpukat sebaiknya sudah bertekstur lembut ketika ditekan namun tidak terlalu lembek," ujar Hawkins.

"Jika Anda ingin mempercepat proses pematangan, masukkan alpukat ke dalam kantong kertas," kata Hawkins. "Ini memusatkan gas etilen. Jika Anda menambahkan buah-buahan lain, seperti pisang dan apel, mereka semua akan lebih cepat matang bersama. Setelah alpukat matang, Anda dapat menahannya dalam keadaan itu lebih lama dengan menempatkannya di kulkas, 'jelas Hawkins.

Jika Anda memiliki sisa alpukat, untuk menghindari terjadinya oksidasi atau perubahan warna menjadi coklat pada alpukat, Anda bisa menambahkannya dengan air jeruk nipis. "Untuk menghemat alpukat potong, olesi daging alpukat yang tersisa dengan air jeruk nipis, tutup dengan plastic wrap, dan dinginkan," kata Hawkins.





(DEV)