Berbagai Manfaat Biji Nangka untuk Kecantikan Kulit

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 13 Jun 2018 07:41 WIB
kecantikankesehatan kulit
Berbagai Manfaat Biji Nangka untuk Kecantikan Kulit
Salah satu manfaat nyata biji nangka adalah melawan keriput. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: Buah adalah makanan bernutrisi yang baik untuk kulit. Dari sekian banyak buah, nangka adalah buah yang memiliki manfaat bejibun pada kulit.

Nangka mengandung berbagai vitamin, mineral, fitonutrien, karbohidrat, elektrolit, serat, lemak, dan protein. Namun, tahukah Anda bahwa selain daging, biji nangka juga memiliki banyak nutrisi dan protein?

Daripada dibuang, cobalah mengolah kembali biji buah tersebut agar lebih bermanfaat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan cara mengolah biji nangka yang perlu Anda ketahui. 

1. Melawan keriput
Salah satu manfaat nyata biji nangka adalah melawan keriput. Rendamlah biji nangka dalam susu dingin dalam beberapa waktu. Kemudian, giling hingga merata. Oleskan bubur tersebut pada area yang berkeriput. 

(Baca juga: Manfaat Nangka untuk Kesehatan)


(Salah satu manfaat nyata biji nangka adalah mekawan keriput. Rendamlah biji nangka dalam susu dingin dalam beberapa waktu. Kemudian, giling hingga merata. Oleskan bubur tersebut pada area yang berkeriput. Foto: Els Fattah/Unsplash.com)

2. Mencerahkan kulit
Kandungan serat yang tinggi pada biji nangka membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu, biji nangka juga berperan dalam mendetoks tubuh karena membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuh dan meningkatkan warna kulit. 

3. Membuat kulit mulus
Rendamlah biji nangka bersama cairan susu dan madu selama beberapa jam sebelum melumatkannya. Oleskan bubur tersebut pada kulit dan diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan. Perawatan yang teratur tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih mulus secara perlahan. 

4. Kurangi rambut rapuh dan tingkatkan penglihatan
Kandungan vitamin A dalam biji nangka membantu menjaga penglihatan mata dan mencegah munculnya rabun senja. Selain itu, vitamin A juga bagus untuk kesehatan rambut karena mencegah rambut kering dan rapuh.

5. Mencegah anemia
Kandungan besi yang tinggi pada biji nangka dapat membantu mencegah anemia. Jadi, makanan ini cocok untuk Anda yang cenderung kekurangan zat besi. 





(TIN)