Enam Cara Membatasi Konsumsi Makanan Manis

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 25 Jul 2018 08:00 WIB
tips kesehatan
Enam Cara Membatasi Konsumsi Makanan Manis
(Foto: Independent)

Jakarta: Sulit memang untuk tidak tergoda menyantap makanan manis. Apalagi bagi sebagian orang, ngemil makanan manis bisa meningkatkan suasana hati. 

Tetapi jika kebanyakan tentu bisa membahayakan tubuh. Harus ada kontrol dari diri sendiri untuk makan dalam porsi yang wajar. 
Dilansir dari Boldsky, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengalihkan perhatian dari makanan manis. 

1. Minum air putih

Penelitian menunjukkan bahwa salah satu sebab kecanduan makanan manis adalah dehidrasi. Jadi saat diri Anda ingin makan manis, coba alihkanlah dengan minum air putih setidaknya dua gelas. Hal ini tak hanya akan mencegah Anda makan makanan manis, tetapi juga membantu memberikan rasa kenyang. 

2. Makan buah

Buah mengandung gula alami sehingga keinginan tubuh untuk mendapatkan gula terpenuhi dengan cara yang lebih sehat.

3. Jaga pola makan

Pola makan yang teratur tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan Anda, tetapi juga mencegah keinginan ngemil makanan asin dan manis. 

4. Tidur cukup

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memicu keinginan untuk ngemil dan makan berlebihan. Ini terjadi karena keseimbangan hormon terganggu.

5. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga bisa membantu membatasi hasrat untuk mengonsumsi makanan manis. Pastikan air yang akan digunakan tak terlalu panas sehingga akan membuat Anda nyaman. Kondisi rileks setelah mandi biasanya lebih membangkitkan keinginan untuk tidur dibandingkan makan. 

6. Kombinasikan dengan makanan sehat

Cobalah untuk menggabungkan makanan manis dengan sesuatu yang sehat. Misalnya saja jika Anda makan cokelat, imbangi dengan makanan sehat seperti pisang.

Lihat video:




(DEV)