Lima Risiko yang Dialami Pengguna Lensa Kontak

Raka Lestari    •    Senin, 17 Dec 2018 15:42 WIB
kesehatan mata
Lima Risiko yang Dialami Pengguna Lensa Kontak
Menggunakan lensa kontak memang membuat nyaman, tapi di satu sisi begitu berisikonya alat ini buat mata kita (Foto: Fabrizio Verrecchia/Unsplash.com)

Jakarta: Lensa kontak adalah penemuan medis yang dapat membuat hidup jauh lebih nyaman bagi siapa saja yang memiliki masalah penglihatan. Sehingga banyak yang memakainya, meski memiliki risiko yang tinggi untuk mata Anda.

Meski memang tidak ada yang salah dengan memakai kacamata, terkadang ada beberapa rasa tidak nyaman yang mungkin dialami ketika menggunakan kacamata. Seperti ketika sedang berolahraga, berenang, atau menonton sambil tiduran.

Untuk itu lensa kontak menjadi solusi. Tapi dalam menggunakan lensa kontak, ada beberapa aturan yang harus Anda perhatikan demi menghindari risiko-risikonya. Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi risiko dalam penggunaan lensa kontak:

1. Meningkatkan Risiko Terkena Infeksi Mata
Memakai lensa kontak membuat Anda lebih berisiko terkena infeksi mata. Ini karena Anda meletakkan jari-jari Anda di dekat mata Anda lebih sering daripada seseorang yang tidak mengenakan lensa kontak.

Keratitis adalah infeksi yang paling umum yang disebabkan oleh lensa kontak dan itu disebabkan oleh debu, bakteri, virus, atau parasit mata. Jika ada goresan pada lensa Anda, mereka dapat mengikis kornea, membuatnya lebih mudah bagi bakteri untuk masuk. Dan keratitis tidak boleh dianggap enteng karena dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, penglihatan kabur, dan mata yang teriritasi.

2. Dapat Melukai Kornea Mata
Menggunakan lensa kontak di mata Anda terlalu lama dapat menyebabkan peradangan kornea dan cedera dan ini dapat menyebabkan jaringan parut. Jaringan parut kornea dapat menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatan Anda, dan sangat menyakitkan. Jika Anda memakai lensa kontak, pastikan Anda sangat berhati-hati. Bersihkan lensa kontak Anda dan periksa apakah ada goresan atau tidak, dan jangan terlalu lama memakainya.

3. Mengurangi Asupan Oksigen untuk Kornea Mata Anda
Saat Anda memakai lensa kontak terlalu lama, itu artinya memblokir oksigen ke mata Anda. Lensa kontak tidak dirancang untuk dipakai dalam waktu yang sangat lama. Semakin lama lensa kontak berada di mata Anda, semakin sedikit oksigen yang akan didapatkan mata Anda, karena lensa kontak menghalangi udara masuk. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan bisul di kornea.

4. Menyebabkan Mata Kering
Mata kering sering terjadi karena penggunaan lensa kontak, tetapi jika itu menjadi buruk biasanya dapat menyebabkan sindrom mata kering.

Ini sering terjadi pada lensa karena mereka dapat mengurangi jumlah air mata yang dihasilkan mata Anda. Sindrom mata kering dapat menyebabkan iritasi dan nyeri, menyebabkan mata merah, gatal, dan bahkan dapat menyebabkan jaringan parut kornea.

5. Menyebabkan Kelopak Mata Anda Kendur
Sebenarnya ada istilah teknis untuk kelopak mata atas yang turun atau kendur, yaitu ptosis.  Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan langsung antara lensa kontak dengan ptosis. Dengan menggunakan lensa kontak untuk waktu yang sangat lama dapat menyebabkan kondisi ini.

Waspada Penyakit Sinusitis 




(FIR)