Amankah Anak-anak Minum Kopi?

Torie Natalova    •    Selasa, 13 Nov 2018 13:47 WIB
kesehatan
Amankah Anak-anak Minum Kopi?
Menurut laporan American Academy of Pediatrics, lebih dari 70 persen anak-anak mengonsumsi kafein pada hari tertentu. Lalu, apakah ini aman? Simak informasinya. (Foto: Thimo van Leeuwen/Unsplash.com)

Jakarta: Kopi memang sudah sering dihubungkan dengan manfaat yang baik untuk kesehatan orang dewasa. Tapi, bagaimana dengan anak-anak yang suka ikut meminum kopi orang tuanya?

Kopi mungkin dapat berbahaya bagi anak-anak, meskipun memang masih belum jelas bagaimana kafein, stimulan dan kandungan aktif dalam kopi serta sebagian besar minuman energi, dapat berdampak pada perkembangan otak.

Menurut perawat Terry Cralle, kopi hitam memang tidak seburuk minuman berenergi dan minuman manis, tapi tetap tidak ada alasan untuk anak-anak membutuhkan kafein.


(Kopi mungkin dapat berbahaya bagi anak-anak, meskipun memang masih belum jelas bagaimana kafein, stimulan dan kandungan aktif dalam kopi serta sebagian besar minuman energi, dapat berdampak pada perkembangan otak. Foto: Freestocks.org/Unsplash.com)

(Baca juga: Alasan Minum Kopi Bisa Membuat Sakit Perut)

Menurut laporan American Academy of Pediatrics, lebih dari 70 persen anak-anak mengonsumsi kafein pada hari tertentu. Angka ini tampaknya meningkat saat mereka beranjak besar atau remaja.

Anak-anak yang minum kopi atau minuman ringan memiliki dua kali lipat risiko gangguan tidur. American Academy of Pediatric menyarankan orang tua untuk tidak mengizinkan anak-anak minum minuman berkafein. Orang tua dapat memberikan arahan bahwa minum kafein terlalu banyak dapat berisiko dan menyebabkan masalah yang serius nantinya.




(TIN)