Cara Mudah Atasi Kulit Berminyak

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 20 Jun 2018 15:13 WIB
kesehatan kulit
Cara Mudah Atasi Kulit Berminyak
Agar minyak pada wajah tak berlebih, Anda bisa melakukan beberapa langkah ini. (Foto: Matthew Kane/Unsplash.com)

Jakarta: Memiliki wajah berminyak membuat sebagian orang tak percaya diri. Selain membuat wajah selalu nampak mengilap, kondisi ini rentan dengan timbulnya jerawat.

Agar minyak pada wajah tak berlebih, Anda bisa melakukan beberapa langkah ini, seperti dilansir dari Times of India.

1. Gunakan pembersih wajah lembut
Basuhlah wajah yang lembut khusus kulit berminyak secara teratur atau setidaknya dua kali dalam sehari. Hal ini dilakukan supaya menghilangkan penumpukan minyak yang menyumbat pori-pori kulit.

2. Micellar water
Micellar water ini berfungsi sebagai toner dan membantu menghilangkan sebum yang tak perlu, serta membuat wajah Anda tak terlalu kering.

(Baca juga: Lima Masker Sederhana untuk Atasi Kulit Berminyak)


(Memiliki wajah berminyak membuat sebagian orang tak percaya diri. Selain membuat wajah selalu nampak mengilap, kondisi ini rentan dengan timbulnya jerawat. Foto: Vinicius Wiesehofer/Unsplash.com)

3. Blotting sheets atau face paper
Blotting sheets mengandung asam glikolat yang bekerja untuk mengurangi minyak pada wajah. Gunakanlah satu atau dua lembar setiap hari.

4. Masker
Masker adalah salah satu yang terbaik untuk mengurangi minyak dan kotoran. Anda bisa melakukannya seminggu sekali. Pilihlah juga masker dengan bahan alami, seprti madu, shea butter agar kulit tetap terhidrasi.

5. Perhatikan asupan makanan
Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak omega-3 untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Dianjurkan pula agar Anda menjauhi makanan yang tinggi minyak, gula, maupun lemak.

6. Facial
Bila Anda sering ke salon untuk perawatan wajah, jangan memilih facial uap. Sebab facial uap akan menyerap kelembapan kulit Anda dan membuat wajah lebih berminyak.

7. Konsultasi dengan dokter kulit
Jika telah berbagai cara sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil, Anda bisa juga berkonsultasi langsung dengan dokter kulit. 




(TIN)