Pola Makan Sehat Cegah Kerusakan Pendengaran pada Wanita

Nia Deviyana    •    Selasa, 15 May 2018 14:12 WIB
diet
Pola Makan Sehat Cegah Kerusakan Pendengaran pada Wanita
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pola makan sehat dapat menurunkan risiko kehilangan pendengaran pada wanita, demikian menurut penelitian terbaru. 

Peneliti dari Brigham and Women's Hospital AS menganalisis hubungan antara tiga diet yang berbeda dengan risiko mengalami gangguan pendengaran dengan mengikuti perkembangan kesehatan lebih dari 70 ribu wanita selama 22 tahun.

Adapun diet yang diadopsi para responden antara lain diet mediterania alternatif, Dash diet, dan Alternative Healthy Eating Index-2010 (AHEI-2010).

Menu diet mediterania mencakup minyak zaitun murni, biji-bijian, kacang polong, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, dan menghindari konsumsi alkohol. 

Pada diet Dash menekankan asupan tinggi buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak, dan membatasi konsumsi garam. Sementara, diet AHEI-2010 mengolaborasikan diet mediterania dan Dash. 

Sharon menemukan bahwa wanita yang pola makannya paling mendekati diet mediterania dan Dash memiliki risiko 30 persen lebih rendah untuk mengalami kerusakan pendengaran, dibandingkan mereka yang mengadopsi diet AHEI-2010. 

"Kami mengamati bahwa mereka yang menjalani pola makan sehat secara keseluruhan memiliki risiko yang relatif rendah untuk mengalami kehilangan pendengaran, baik kategori sedang atau buruk," kata Sharon Curhan dari Brigham and Women's Hospital, dilansir dari Indian Express.


Lihat video:




(DEV)