Tips Jitu Turunkan Berat Badan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 08 Jun 2018 16:54 WIB
kesehatandiet
Tips Jitu Turunkan Berat Badan
Berikut adalah beberapa cara makan bijak agar berat badan yang sudah turun dapat dipertahankan. (Foto: Hanny Naibaho/Unsplash.com)

Jakarta: Beberapa jenis diet hanya dapat menurunkan berat badan dalam waktu beberapa bulan saja, kemudian kembali ke berat badan semula. Hal tersebut bisa dihindari bila Anda makan dengan bijak. 

Berikut adalah beberapa cara makan bijak agar berat badan yang sudah turun dapat dipertahankan. 

1. Konsumsi protein
Perbanyak konsumsi makanan nabati tinggi protein. Karena sifatnya mengenyangkan, rasa lapar akan muncul lebih lama.

2. Makan perlahan
Makanlah dengan lambat, setidaknya 20 menit. Makan lambat membantu menyadari apakah Anda masih lapar atau sudah kenyang. Cobalah makan dengan suapan yang lebih kecil dan mengunyah pelan-pelan. 


(Jika ingin mengemil, cobalah konsumsi makanan yang memang Anda sukai. Segeralah berhenti ketika Anda sudah tak menikmatinya lagi. Foto: Chris Benson/Unsplash.com)

(Baca juga: Cara Ini Bisa Turunkan Berat Badan Tanpa Diet)

3. Makan karena lapar 
Pastikan Anda makan karena lapar, bukan stres. Cobalah lakukan kegiatan yang cukup menenangkan sejenak sebelum benar-benar mengunyah. Jika Anda merasa tak lapar lagi setelahnya, berarti Anda mengalami tekanan emosional. 

4. Konsumsi yang Anda sukai 
Jika ingin mengemil, cobalah konsumsi makanan yang memang Anda sukai. Segeralah berhenti ketika Anda sudah tak menikmatinya lagi. Umumnya, kepuasan hanya terasa di awal gigitan, sehingga tak perlu habiskan semuanya. 

5. Fokus 
Hindari melakukan kegiatan lain saat makan, seperti membaca atau menonton TV, supaya fokus hanya pada piring di depan Anda. 





(TIN)