Cara Mengatasi Konstipasi yang Anda Alami

Raka Lestari    •    Selasa, 26 Jun 2018 18:38 WIB
kesehatankonstipasi
Cara Mengatasi Konstipasi yang Anda Alami
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi konstipasi yang Anda alami. (Foto: Huyen Nguyen/Unsplash.com)

Jakarta: Konstipasi terjadi ketika ada masalah di saluran pencernaan yang biasanya sering disebabkan karena masalah dalam pola makan. Konstipasi atau biasa disebut juga dengan sembelit juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. 

Dan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi konstipasi yang Anda alami tersebut. Salah satunya adalah dengan makan bubur. Dengan mengonsumsi bubur Anda bisa mendapatkan lebih banyak serat di dalam makanan Anda.

Dr Anthony Hobson, direktur klinis dari Functional Gut Clinic, mengatakan bahwa makanan yang mengandung gandum atau serat dapat membantu meredakan sakit perut karena sembelit. 

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan asupan serat Anda, jadi cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi seperti bubur, roti gandum, atau gandum," katanya kepada Express.

Perubahan pola makan secara sederhana seperti minum lebih banyak air juga bisa membantu. 


(Dr Anthony Hobson, direktur klinis dari Functional Gut Clinic, mengatakan bahwa makanan yang mengandung gandum atau serat dapat membantu meredakan sakit perut karena sembelit. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

(Baca juga: Cara Alami Atasi Sakit Perut)

"Meningkatkan asupan cairan Anda biasanya akan cukup untuk mengobati sembelit dan membuat kotoran lebih mudah keluar," lanjut Dr Hobson. 

"Penting juga untuk mencoba dan meningkatkan aktivitas harian Anda untuk membantu gerakan perut Anda seperti berjalan kaki atau berlari." Makan terlalu sedikit serat, tekanan harian, kecemasan atau menahan buang air besar juga dapat menyebabkan terjadinya sembelit.

Kadang-kadang sembelit bisa menjadi pertanda adanya suatu kondisi yang lebih serius seperti kanker usus. Menurut Bowel Cancer UK, gejala kanker usus diantaranya adalah pendarahan pada anus, sembelit, penurunan berat badan dan rasa sakit atau benjolan di perut Anda.

"Beritahu dokter Anda jika Anda merasakan adanya perubahan dalam kebiasaan buang air besar Anda dan telah berlangsung selama tiga minggu atau lebih, terutama jika Anda juga mengalami pendarahan dari anus Anda," saran Bowel Cancer UK.





(TIN)