Plus Minus Kandungan Sulfat dalam Sampo

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 21 Mar 2017 11:18 WIB
tips & trik
Plus Minus Kandungan Sulfat dalam Sampo
(Foto: Women's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski sulfat adalah kandungan yang umum terdapat pada sampo, ada beberapa sampo yang tertulis kandungan bebas sulfat. Sebenarnya, apa sulfat itu? dan bagaimanakah efeknya terhadap rambut?

Sulfat merupakan kandungan yang membuat sampo bisa berbusa. Ada pun jenis sulfat yang sering digunakan, antara lain sulfat lauryl, sulfay lauryl amonium, sulfate laureth sodium. dan sulfat laureth amonium.

"Perbedaan antara lauryl dan laureth adalah kandungan lautret mengandung tambahan oksigen sehingga lebih ringan dan mudah larut dalam air," jelas Randy Schueller, ahli kimia kosmetik, seperti dilansir Women's Health.

Meski demikian, sulfat laureth tidak dapat membersihkan minyak dengan baik. Bahkan beberapa orang menganggap sampo dengan kandungan sulfat lauryl terlalu kering sehingga tidak efektif membersihkan minyak.

Meski demikian, sulfat memiliki sisi negatif, yakni menempel pada kulit meski sudah dibilas. Residu yang tertinggal menyebabkan iritasi, terutama pada pemiliki kulit sensitif.
 


(DEV)