Kopi Dapat Menurunkan Risiko Stroke?

Torie Natalova    •    Jumat, 11 Nov 2016 10:38 WIB
kopistroke
Kopi Dapat Menurunkan Risiko Stroke?
Kopi Dapat Menurunkan Risiko Stroke? (foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopi merupakan salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia. Bagi sebagian besar orang, kopi adalah minuman yang menyenangkan dan bisa membuat badan terasa lebih segar saat beraktivitas.

Namun, kopi sudah seperti kebiasaan dan bisa membuat Anda yang gemar meminumnya menjadi kecanduan. Kini, banyak studi yang telah dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul selama ini yaitu, apakah kecanduan kopi itu berbahaya?

Kopi tidak menyebabkan stroke
Beberapa percobaan telah ditujukan untuk menentukan apakah kopi meningkatkan risiko stroke. Hingga kini belum ditemukan kopi dapat sebabkan stroke jika kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat. Karena, kopi mengandung kafein yang  bisa berbahaya untuk orang-orang dengan hipertensi berat, penyakit jantung atau kejang.

Kopi juga memiliki dampak pada sakit kepala dan menyebabkan bagian tubuh terasa sakit, sementara bagi orang lain mungkin kopi justru menyembuhkan rasa sakit di tubuh. Selama Anda tidak memiliki kontraindikasi terhadap kafein, Anda masih aman untuk mengonsumsi kopi.

Kopi dan risiko stroke
Penelitian menunjukkan hasil yang mengejutkan yakni, kopi dapat menurunkan risiko stroke. Penelitian dilakukan dengan menunjukkan bahwa minum antara 2-4 cangkir kopi per hari berkaitan erat dengan penurunan risiko stroke.

Alasannya, mungkin karena kombinasi efek yang bervariasi pada tubuh. Kopi mengubah fisiologi pembuluh darah dan aliran darah dengan cara yang dapat membantu mencegah hipertensi. Selain itu, efek kopi dapat mengurangi kemungkinan adanya pembekuan darah yang berbahaya.

Kopi juga dapat mengurangi kadar kolesterol. Tindakan dari kolesterol ini menguntungkan karena kolesterol tekanan darah tinggi dapat meningkatkan kemungkinan memiliki stroke. Kopi telah menunjukkan beberapa komponen aktif yang memiliki sifat antioksidan.

Antikoksidan adalah zat kimia yang telah terbukti mengurangi risiko stroke serta untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stroke.



 


(ELG)