Di Indonesia, Tingkat Obesitas Wanita Lebih Besar Daripada Pria

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 16 Nov 2016 14:12 WIB
kesehatan
Di Indonesia, Tingkat Obesitas Wanita Lebih Besar Daripada Pria
Angka obesitas wanita meningkat sebanyak 14,8 persen wanita di atas 18 tahun mengalami obesitas dan meningkat sebesar 15,5 persen. (Foto: S-media-cache)

Metrotvnews.com, Jakarta: Obesitas adalah salah satu problematika kesehatan yang disebabkan oleh pola makan tinggi lemak dan kalori serta kurangnya aktivitas fisik. Akibatnya, banyak gangguan kesehatan muncul akibat gaya hidup tak sehat tersebut, termasuk penyakit kronik.

Di Indonesia, kasus obesitas tahun 2013 mencapai 17,7 persen atau naik dari 13,9 persen dari tahun 2007.

Kasus obesitas terus meningkat, baik pada pria maupun wanita. Pada pria, angka obesitas di tahun 2007 adalah 13,9 persen dan meningkat menjadi 17,8 persen dalam kurun waktu tiga tahun. Di tahun 2013, angka obesitas tersebut naik menjadi 19,7 persen.

Sementara, angka obesitas pada wanita pun mengalami hal yang sama. Tahun 2007, sebanyak 14,8 persen wanita di atas 18 tahun mengalami obesitas dan meningkat sebesar 15,5 persen tiga tahun berikutnya. Secara mengejutkan, angka obesitas meningkat lebih dari dua kali lipat, yaitu 32,9 persen di tahun 2013.

(Baca juga: Lemak Sehat Bantu Kendalikan Diabetes Tipe 2)

"Obesitas yang terjadi terutama pada perut yang menyebabkan inflamasi dan mengganggu sensitivitas insulin dan berakhir pada diabetes," jelas dokter spesialis gizi klinik dr. Stella Bella MGizi, SpGK, dalam acara diskusi 'Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis', Rabu (16/11/2016).

Ia menambahkan, lemak viseral atau lemak perut yang biasa dikenal dengan obesitas sentral adalah sumber inflamasi dan memicu berbagai masalah kesehatan dan penyakit kronis.

Selain penyakit jantung dan diabetes, penyakit kronis lain yang disebabkan obesitas di antaranya sleep apnea, sakit pinggul, GERD (asam lambung naik), hipertensi, nyeri lutut atau osteoarthritis dan sebagainya.

Obesitas dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat, yaitu makan sehat, cukup minum air, mengurangi stres dan olahraga cukup.







(TIN)