Tips Menangani Penderita Alzheimer

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 01 Oct 2016 20:31 WIB
alzheimer
Tips Menangani Penderita Alzheimer
Tips Menangani Penderita Alzheimer (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menderita penyakit Alzeheimer bukanlah hal yang mudah. Penyakit ini dapat mengganggu fungsi kognitif dengan cepat, seperti ingatan yang mudah hilang.

Penyakit Alzheimer adalah suatu kondisi di mana sel-sel otak dan koneksi saraf seseorang mulai merosot pada tingkat yang cepat sehingga mengakibatkan hilangnya memori dan fungsi mental lainnya.

Beberapa hal yang akan dialami penderita adalah kesulitian dan berpikir dan mengerti, kebingungan, disorientasi, delusi, hilang ingatan, apatis, mudah marah, halusinasi, depresi, dan sebagainya.

Dengan keadaan demikian, penting bagi orang di sekitarnya untuk memaklumi sikap tersebut. Jika orang terdekat Anda terkena penyakit tersebut, berikut adalah beberapa tips dalam menghadapi penderita.


1. Pelajari penyakit
Pertama, palajarilah penyakit Alzheimer dengan cara membicarakan dengan dokter atau melakukan beberapa penelitian di internet agar Anda tahu kapan penderita merasa lebih baik.

2. Akrab
Salah satu cara agar lebih mudah untuk merawat penderita Alzheimer adalah dengan menciptakan koneksi emosional sebelum mereka kehilangan ingatan.

3. Sabar
Merawat penderita Alzheimer memang tak mudah, namun cobalah lebih memikirkan perasaan mereka dibandingkan perasaan Anda sehingga bisa lebih sabar.

4. Berkegiatan bersama
Sebuah studi mengungkapkan bahwa bernyanyi, bermain, atau berdansa bersama penderita Alzheimer dapat mendekatkan secara emosional.



5. Tunjukkan foto lama
Anda bisa menunjukkan beberapa foto lama pada penderita Alzheimer untuk membantu mengembalikan ingatan lama.

6. Membacakan buku
Cobalah membacakan buku kesukaan penderita Alzheimer, meskipun mereka akan kebingungan.

7. Perlakukan normal
Perlakukan penderita Alzheimer dengan normal, misalnya saat mengobrol dan ajak mereka melakukan beberapa kegiatan fisik supaya tetap sehat.

8. Jangan memaksa
Jangan memaksa penderita Alzheimer mengingat sesuatu yang tak bisa mereka ingat, hal itu akan membuat mereka bingung.

9. Selalu dalam jangkauan
Selalu perhatikan apa yang penderita Alzheimer lakukan dan jangan biarkan mereka hilangdari jangkauan karena mereka tak bisa mengingat banyak hal, termasuk posisi dia berada.

 


(ELG)