7 Cara Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal

Torie Natalova    •    Jumat, 07 Oct 2016 12:52 WIB
kesehatan
7 Cara Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal
Aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah kenaikan tekanan darah dan kenaikan berat badan. Namun, terlalu banyak olahraga saat kondisi badan tidak sehat justru bisa membebani ginjal. (Foto: Fitnessviking)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup Anda. Tekanan darah tinggi, diabetes atau keturunan keluarga merupakan faktor risiko seseorang bisa terkena penyakit ginjal.

Menjaga kesehatan ginjal tidak sulit. Tujuh cara berikut ini dipercaya bisa menjaga ginjal tetap sehat dan menghindari risiko terkena gagal ginjal.

1. Olahraga teratur
Aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah kenaikan tekanan darah dan kenaikan berat badan. Tapi, hati-hati jangan berlebihan olahraga karena ada beberapa olahraga yang tidak cocok dilakukan saat Anda berada dalam beberapa kondisi kesehatan.

Terlalu banyak olahraga saat kondisi badan tidak sehat justru bisa membebani ginjal. Saat sakit, hindari olahraga atau gerakan yang terlalu banyak menyebabkan kerusakan jaringan otot.

2. Minum air putih yang cukup
Tidak ada penelitian yang membuktikan banyak minum air putih bisa meningkatkan fungsi ginjal. Menurut dokter spesialis ginjal James Simon, hal tersebut berlawanan dengan kepercayaan banyak orang, bahwa semakin banyak air putih semakin baik untuk ginjal. Menurutnya, cukupi saja kebutuhan air minum Anda dan jangan terlalu berlebihan minum air.

(Baca juga: Tanda Ginjal Anda Mulai Rusak)

3. Makan makanan yang sehat
Ginjal Anda dapat "mengerti" berbagai metode diet. Tapi, kebanyakan besar masalah ginjal muncul dari kondisi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Dokter Simon pun menyarankan Anda menjalani kebiasaan makan yang sehat untuk mengontrol kenaikan berat badan dan tekanan darah. Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi bisa menjaga ginjal dalam kondisi sehat.

4. Jangan minum obat berlebihan
Obat-obatan seperti ibuprofen dan naproxen dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Namun, risiko tersebut tidak akan terjadi pada Anda yang memiliki ginjal sehat dan hanya minum dalam waktu singkat.

5. Rajin memeriksa fungsi ginjal
Jika Anda memiliki penyakit diabetes atau darah tinggi, dokter Anda akan sering memeriksa fungsi ginjal. Ini dilakukan sebagai cara rutin untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal.

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan merawat tubuh Anda. Sehingga, Anda pun bisa mengurangi kesempatan atau risiko terkena penyakit ginjal.

Pada dasarnya, makan makanan yang sehat, olahraga teratur, dan mengontrol berat badan merupakan cara untuk menjaga kesehatan ginjal.

6. Hati-hati menggunakan suplemen dan obat herbal
Berlebihan mengonsumsi suplemen vitamin dan beberapa jenis obat herbal bisa membahayakan ginjal Anda. Cobalah bicarakan dengan dokter Anda terkait vitamin atau herbal yang aman untuk dikonsumsi.

7. Berhenti merokok
Merokok dapat merusak pembuluh darah yang bisa mengurangi aliran darah di ginjal Anda. Saat ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, ginjal tidak dapat berfungsi optimal. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta berisiko tinggi terkena gagal ginjal hingga kanker ginjal.








(TIN)