Sampai Kapan Perlu Mendampingi Anak Menyikat Gigi?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 11 Oct 2016 15:05 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Sampai Kapan Perlu Mendampingi Anak Menyikat Gigi?
Durasi sikat gigi yang dianjurkan adalah dua menit dan mencakup semua area gigi, termasuk bagian belakang dan dalam. (Foto: Stayathomemum)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk menanamkan kebiasaan baik pada anak, pendampingan adalah salah satu strategi yang perlu dilakukan. Misalnya, saat anak belajar menggosok gigi, sebaiknya orangtua mendampingi agar anak bisa melakukan kegiatan kebersihan mulut itu dengan benar.

Namun, sampai kapan orangtua perlu mendampingi anak?

"Dianjurkan saat anak berumur 6 tahun dimana anak sudah mengerti bagaimana teknik membersihkan, berapa lama, dan menggunakan pasta gigi yang sama dengan orangtua," ujar drg. Ratu Mirah GCClinDrnt, MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk. dalam acara peluncuran Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo, Selasa (11/10/2016).

Menurut penelitian yang dilakukan Unilever, ibu adalah sosok yang mempunyai kebiasaan menyikat gigi tertinggi di keluarga. Namun, bukan berarti pendampingan anak menyikat gigi hanya dilakukan oleh ibu, namun kedua orangtua yang bekerjasama membangun kebiasaan positif tersebut.

(Baca juga: Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat)

Pendampingan sikat gigi sebaiknya mulai dilakukan sejak gigi anak mulai tumbuh, yaitu usia 6-8 bulan dengan menggunakan kain kasa terlebih dahulu. Pada usia tersebut, sebaiknya kebersihan mulut anak mulai diperhatikan, terutama saat menyusui atau pemberian Makanan Pendamping ASI.

Ketika anak sudah mulai bisa menggenggam, sekitar usia 2 tahun, orangtua sudah bisa memberikan sikat gigi namun masih memerlukan pendampingan dalam hal pola membersihkan.

"Terdapat perbedaan yang signifikan saat anak didampingi atau tidak oleh orangtua saat sikat gigi, seperti area pembersihan dan lama sikat gigi," tambahnya.

Umumnya, kesalahan anak dalam menyikat gigi adalah hanya membersihkan bagian depan atau yang terlihat saja dan waktu yang singkat, sekitar 30 detik, yang artinya tidak secara keseluruhan dibersihkan. 

Padahal, durasi sikat gigi yang dianjurkan adalah dua menit dan mencakup semua area gigi, termasuk bagian belakang dan dalam.






(TIN)