Apakah Minyak Kelapa Dapat Mengobati Jerawat?

Raka Lestari    •    Rabu, 07 Feb 2018 09:00 WIB
kesehatan kulit
Apakah Minyak Kelapa Dapat Mengobati Jerawat?
Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang cukup baik untuk berbagai keperluan. (Foto: Ayo Ogunseide/Unsplash.com)

Jakarta: Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang cukup baik untuk berbagai keperluan. Superfood yang sedang naik daun ini bisa dijadikan tambahan yang lezat untuk makanan pencuci mulut, dan juga masker yang baik untuk rambut. Ada juga yang mengatakan bahwa minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati jerawat.

Beberapa orang menganggap bahwa minyak kelapa dapat berguna untuk mengobati jerawat, namun beberapa orang lainnya menganggap terlalu banyak pelembap alami dari minyak kelapa justru membuat jerawat mereka semakin buruk.

"Meskipun minyak kelapa sendiri belum tentu dapat digunakan untuk pengobatan jerawat, beberapa orang mungkin merasa terbantu," kata dermatolog kosmetik New York City, Sejal Shah, MD.


(Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang cukup baik untuk berbagai keperluan. Foto: Roberta Sorge/Unsplash.com)

"Asam lemak dalam minyak kelapa telah terbukti memiliki antiinflamasi dan antimikroba terhadap propionibacterium acnes (P.acnes), bakteri yang berperan dalam pertumbuhan jerawat," katanya. Secara khusus, asam laurat minyak kelapa terbukti efektif dalam melawan banyak bakteri, termasuk P.acnes.

(Baca juga: Minyak Kelapa Juga Bisa Obati Infeksi Jamur)

Minyak kelapa juga sangat menghidrasi, yang sangat penting untuk mengobati jerawat. Ini mungkin tampak kontra-intuitif karena Anda berpikir bahwa kulit yang mudah berjerawat tidak perlu hidrasi. Namun sebenarnya hal ini sangat perlu karena obat-obatan yang digunakan untuk mengeringkan jerawat mungkin saja bisa menghilangkan minyak alami pada kulit.

Kulit kering membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan jika Anda memiliki jerawat, Anda mungkin akan melihat lebih banyak mengalami noda-noda bekas jerawat dibandingkan kulit yang lembap. Kulit yang lembap, meskipun memiliki jerawat tidak rentan terhadap noda bekas jerawat.








(TIN)