Rokok Elektrik dengan Varian Rasa Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Kesehatan

Raka Lestari    •    Senin, 05 Feb 2018 18:01 WIB
tips kesehatan
Rokok Elektrik dengan Varian Rasa Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Kesehatan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Jika Anda merupakan salah satu penggemar rokok elektrik, rasa kayu manis, vanilla, dan butter ternyata memiliki dampak yang tidak baik. Menurut penelitian baru-baru ini yang ditulis Metro.co.uk terdapat perasa pada rokok elektrik yang berbahaya, yang dapat meracuni sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit yang mengancam jiwa.

Terlebih lagi, mencampur rasa-rasa tersebut dapat berdampak lebih buruk lagi.

Cairan yang memiliki rasa dan mengandung bahan kimia tersebut dapat megandung racun bagi sel darah putih, menurut para ahli. Paparan asap rokok elektrik, terutama pada rasa-rasa tersebut dapat menyebabkan peradangan yang signifikan pada monosit, jenis sel darah putih terbesar dalam sistem kekebalan tubuh yang melawan bakteri dan virus.

Peradangan tersebut dikaitkan dengan berbagai penyakit berat, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes dan bahkan demensia. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Fisiology tersebut menambah bukti tentang efek berbahaya rokok elektrik bagi kesehatan.

Dr Thivanka Muthumalage dari Universitas Rochester mengatakan, rasa kayu manis, vanila dan butter merupakan rasa yang paling berbahaya dan yang paling beracun namun penelitian kami membuktikan bahwa mencampur rasa-rasa pada rokok elektrik paling banyak menyebabkan toksisitas pada sel darah putih.

 


(DEV)