Cabai Bantu Kurangi Ketergantungan pada Makanan Asin

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 01 Nov 2017 14:50 WIB
diet
Cabai Bantu Kurangi Ketergantungan pada Makanan Asin
(Foto: Today Show)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan pedas tak hanya bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh, tetapi juga mampu mengendalikan keinginan makan makanan asin. Dengan demikian, risiko penyakit jantung dan stroke pun menurun.

"Sebelumnya, sebuah studi awal menemukan bahwa takaran tertentu capsaicin, kimia yang membuat rasa pedas tercium, memengaruhi persepsi pada makanan asin," ujar peneliti senior Zhiming Zhu, dari Third Military Medical University di Chongqing, Tiongkok.

"Kami ingin menguji coba apakah efek ini berhasil dalam mengurangi konsumsi garam."

Studi tersebut menganalisis lebih dari 600 orang dewasa di Tiongkok, dan melihat preferensi pada rasa asin dan pedas. Kemudian, preferensi dihubungkan dengan tekanan darah.

Penemuan yang dipublikasi dalam jurnal Hypertension tersebut menunjukkan bahwa mereka yang tinggi asupan pedas cenderung mengonsumsi lebih sedikit garam dan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tak senang makan pedas.

Mereka juga menggunakan teknik gambar untuk melihat dua bagian otak partisipan, insula dan korteks orbitofrontal, yang dapat merasakan asin.

Para peneliti menemukan bahwa rasa pedas mampu meningkatkan aktivitas otak yang sensitif terhadap rasa garam.

meningkatkan rasa pedas pada makanan cenderung membuat orang lebih sensitif pada garam sehingga tak masalah bila takaran asin dikurangi.

"Jika anda menambah rasa pedas pada masakan, akan tetap terasa enak bila tidak menggunakan garam," ujar Zhu.

"Ya, kebiasaan dan preferensi berpengaruh jika terkait makanan pedas. Namun, biar hanya sedikit, memberi banyak manfaat pada tubuh."




(DEV)