Flu Lebih Cepat Sembuh Jika Rutin Konsumsi Vitamin

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 26 Oct 2017 19:17 WIB
kesehatan
Flu Lebih Cepat Sembuh Jika Rutin Konsumsi Vitamin
Rutin konsumsi vitamin akan mempercepat proses penyembuhan ketika flu (Foto: Newsfirst)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebutuhan makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein umumnya sudah terpenuhi dari asupan sehari-hari. Namun, tidak selalu dengan mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral. Padahal, konsumsi vitamin secara rutin dapat membantu memaksimalkan kekebalan tubuh.

"Orang perlu minum vitamin dan mineral setiap hari, kalau sesekali tidak bisa mengoptimalkan daya tahan tubuh," terang pakar nutrisi Dr Matthew Lantz Baylock, PhD,dalam peluncuran suplemen Airborne di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Ia menerangkan, rutin konsumsi vitamin akan mempercepat proses penyembuhan ketika flu.

"Umumnya lama seseorang terkena flu bisa 7 hari, tetapi kalau asupan vitamin selalu terpenuhi bisa lebih cepat, misalnya jadi 5 hari saja sudah sembuh," ujarnya.

Dr Matthew menyayangkan kebiasaan banyak orang yang hanya minum vitamin saat sudah terserang suatu penyakit. "Jadi kurang efektif kalau diminum saat sudah sakit, meski membuat tubuh menjadi lebih baik."

Padahal, vitamin memiliki banyak manfaat lain, misalnya antioksidan pada vitamin C bagus untuk kulit karena berfungsi sebagai kolagen sintesis.

"Minum vitamin sebaiknya rutin untuk membatasi kuman agar tak masuk ke tubuh, lagi pula mencegah lebih baik daripada mengobati," pungkas Dr Matthew.




(DEV)