Alasan Ilmiah Mengapa Memelihara Anjing Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Raka Lestari    •    Kamis, 23 Nov 2017 11:09 WIB
Alasan Ilmiah Mengapa Memelihara Anjing Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama
"Memelihara anjing dapat memiliki banyak manfaat salah satunya adalah dapat membuat jantung lebih sehat," ujar Dr. Mike Knapton dari British Heart Foundation. (Foto: Andy Omvik/Unsplash.com)

Jakarta: Apakah Anda memelihara anjing sebagai hewan peliharaan di rumah? Jika ya, Anda harus berterima kasih kepada anjing Anda. Hal ini karena selain menurut penelitian terbaru pendamping hidup manusia yang terbaik selain pasangan Anda juga hewan peliharaan yang dapat membantu Anda hidup lebih lama. 

Dilansir dari Rd.com, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports mengumpulkan data dari sekitar 3,4 juta subjek penelitian yang berusia 40-80 tahun, membandingkannya dengan daftar pemilik anjing Swedia yang telah memeliharanya selama 11 tahun. 

"Secara keseluruhan, para pemilik anjing memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab lainnya," tulis para peneliti. 

(Baca juga: Studi: Memelihara Anjing Kurangi Risiko Anak Terkena Asma)

Pemilik anjing 33 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal pada usia muda, dan 11 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami serangan jantung selama masa studi dibandingkan dengan orang yang tidak memelihara anjing. 


(Pemilik anjing 33 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal pada usia muda, dan 11 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami serangan jantung. Foto: JF Brou/Unsplash.com)

Menurut penelitian tersebut juga manfaat yang bisa didapatkan dengan memelihara anjing diantaranya, yaitu:

1. Bisa mendorong orang lain untuk lebih aktif secara fisik

2. Mampu meningkatkan interaksi sosial dengan orang-orang dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan yang dapat membuat Anda hidup lebih lama

3. Terlebih lagi, anjing keluarga bisa mengubah mikrobiom bakteri pemiliknya dengan mengeksposnya ke bakteri asing yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka melawan penyakit

"Memelihara anjing dapat memiliki banyak manfaat salah satunya adalah dapat membuat jantung lebih sehat," ujar Dr. Mike Knapton dari British Heart Foundation kepada BBC. "Namun, alasan utama untuk memiliki seekor anjing juga karena anjing bisa membuat Anda gembira."









(TIN)